Tips Fun Nulis Puisi

Nulis Puisi susah?? Waduh, gampang kok, gampang banget! Kayaknya engga mungkin deh orang ngga bisa nulis puisi, hehe. Setiap orang tuh bisa jadi penyair dadakan, apalagi kalo ia sedang jatuh cinta. Tapi gapapa deh, disini saya mau ngasih TIPS PALING MUDAH MENULIS PUISI. Let’s check the following tips yup.

 

PertamaJANGAN PERNAH NGANGGAP NULIS SUSAH. Itu sama dengan menganggap BICARA SUSAH.

 

KeduaFOKUS sama KATA HATI KAMU atau APA-APA YANG ADA DI PIKIRAN KAMU, kalo in English we may say “What’s on your mind”. Lalu, pejamkan mata…tarik nafas dalam-dalam dan tetap fokus. Ini biasa disebut KONTEMPLASI.

 

KetigaTULISKAN. Jangan pikirin judul atau aturan-aturan nulis dulu deh. Yang penting tulis apa-apa yang ada di pikiran kamu. Misalnya kamu kepikiran hujan. Ada apa sih dengan hujan. Atau apa sih yang diakibatkan dari hujan yang deras. Atau bagaimana sih proses hujan. Contoh:

 

Hujan-hujan-hujan

Turun ke bawah dari langit hitam

Awan yang menggelembung pekat

Tebal dan menjadi air mata hujan

Tapi sayang tanah tidak siap menerima

Kerusakan banyak gara-gara manusia

Sehingga banjir menerpa rumah-rumah

 

Nah, begitu. Simple kan. Makanya TULIS APA AJAH yang ada di pikiran kamu. Soal judul belakangan deh buatnya. Nanti malah menyempitkan imajinasi kamu. Kecuali kalo emang udah biasa nulis. Biasanya orang-orang udah profesional dalam dunia tulis menulis, ngga ngaruh mau buat judul atau isi duluan mereka tetep bisa fokus dengan tulisannya. Nah buat kita yang pemula, sebaiknya pake FREE WRITING dulu.

 

Oke, sip yah. Sekarang SEGERA TULIS kawan. Lalu kabari ya jika sudah jadi PUISInya. Jadi mau baca deh. Hehe…

 

PS. Untuk membaca artikel Versi Bahasa Inggrisnya, klik disini.

1 thoughts on “Tips Fun Nulis Puisi

  1. Ping balik: Have Fun Tips in Writing POETRY « magangKATA

Tinggalkan komentar