TASBIH: Bukan Kontes Biasa (Sticky)

note: ini bukan kontes blog, meski nanti ujung2nya akan ada beberapa blogger yang akan mendapat bingkisan sederhana dari pemilik blog ini. 😉

***

Rumah pohon sedang dalam proses finishing, sentuhan terakhir. dipoles agar cantik dan menarik. maklumlah sekitar 12 hari lagi mulai dari tanggal 1 Muharram 1431 H (18/12) ini, dila akan mengadakan TASBIH: Tasyakuran Berbagi Kasih di rumah pohon barunya. maka dari itu, dila mengundang teman-teman blogger untuk ikutan datang ke rumah pohon dila nanti pada tanggal 12 Muharram 1431 H (29/12). karena ketika itu dila akan mengadakan syukuran milad di bulan Muharram. dila memang dilahirkan di bulan Muharram, kalo kata ayah, dila lahir tepat pada 10 Muharram 1408 H, tapi menurut kalendar digital hijriah, dila lahir pada 12 Muharram 1408 H. ah, tanggal berapa pun itu, yang jelas, dila senang jika bisa mengadakan tasyakuran dengan teman-teman blogger.

sesuai rencana, nanti ketika acara TASBIH tersebut, selain mengadakan tasyakuran, dila juga akan bagi-bagi bingkisan buat 10 blogger yang beruntung. bingkisannya sederhana aja, yakni sebuah novel kesukaan dila selama 6 tahun terakhir ini. yaitu NOVEL AREA X. novel ini ialah hasil karya Eliza V. Handayani, seorang perempuan yang sangat dila kagumi karena prestasinya yang luar biasa.

namun, untuk mendapatkan bingkisan ini, tidak asal diundi. hmm, mengikuti cara tasyakurannya Guskar, Bundo dan pakde Cholik, maka dila mau teman2 untuk:

  1. menuliskan nama kecil dan impian masa kecil teman2 di kolom komentar postingan ini. 🙂 contoh ada dibawah:

nama kecil: dila

impian: punya rumah pohon, punya kebun tulip, punya kandang sapi, punya rumah dengan bahan serba kayu, punya perpustakaan rumah yang besar sekali, punya taman bacaan, bisa buat buku dan nerbitin bukunya sendiri, dan masih ada lagi yang tersimpan dalam benak impian masa kecil. semoga tercapai,,, amin. 🙂

udah deh, itu aja permintaan dila. dan batas waktu penulisan impian ini sampai dengan tanggal 27 Desember 2009 (10 Muharram 1431 H) yaaa…

oh iya, awalnya, dila cuma mau ngasih 5 novel ajah… (maklumlah.. namanya fresh graduate, masih serabutan nyari uangnya, :D) tetapi ada teman blogger dila yang baik mau ikutan jadi sponsor lomba ini dengan menambahkan lagi 5 novel Area X. cihuy.,,, makasih yah buat seseorang yang udah baik hati itu. 😉

P.S. SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1431.. semoga keberkahan selalu melimpahi kita. amin. 🙂 dan pengumumannya akan dilangsungkan tepat pada acara TASBIH berlangsung, yakni pada 12 Muharram 1431 H (29 Desember 2009). :mrgreen:

Rumah Pohon dan Kebun Tulip

treehouse_1333 di zaman mimpi yang akan bertransformasi ke zaman fana yang nyata, dila dan beberapa orang yang kemudian disebut asisten-asistennya tengah mempersiapkan sebuah rumah di kaki bukit, di sebelah kebun-kebun berbagai tanaman seperti apel, teh, kopi dan tanaman-tanaman yang bisa bertahan di dataran tinggi lainnya. rumah ini bukan rumah biasa. rumah ini rumah impian masa kecil dila: RUMAH POHON. dan jangan lupa ada kebun tulip di sampingnya. 🙂

Tulip-garden-2_smkertas denah dan rancang bangunan sudah disiapkan. rancangannya  hasil karya arsitek terkemuka. sekarang tinggal siap dibangun deh. dila sibuk berkeliling mengawasi para asisten-nya bekerja. bukan hanya mengawasi namun juga ikut andil memberi sumbangan pemikiran mana yang baik untuk design dalam ruangan juga teras.

dila senyum-senyum sendiri sambil memandangi pondasi dasar rumah pohonnya yang sedang dibangun. dila membangun rumah pohon ini bukan tanpa alasan. pertama, karena ini adalah impiannya sejak kecil. dan kedua, karena rumah pohon nantinya akan dijadikan basecamp kumpul-kumpul dengan teman2 bloggernya. dan kebetulan sebentar lagi milad dila di bulan Muharram akan segera tiba. rencananya dila akan menggelar tasyakuran di rumah pohonnya dalam rangka miladnya, awal tahun hijriah dan akhir tahun masehi. dalam tasyakuran tersebut tak lupa dila akan mengundi siapa teman-teman blogger yang beruntung mendapat sebuah bingkisan sederhana. ah, rencana yang indah bukan. 🙂

sumber gambar: http://www.otakku.com/wp-content/upload/2008/04/treehouse_1333.jpg, http://www.surprisingfineart.com/images/Products/Tulip-garden-2_sm.jpg

Bukan Sekedar Mimpi

Blog Competition BannerMendapat kesempatan belajar di Inggris, pastinya ialah merupakan suatu anugrah yang luar biasa. Akan banyak hal baru yang bisa didapat sebagai seorang Asia khususnya warga Negara Indonesia yang masih termasuk golongan dunia ketiga. Tidak ada motivasi khusus kecuali ingin melihat dan mempelajari budaya Inggris yang juga merupakan salah satu Negara paling berjaya di Eropa.

Impian merasakan bagaimana pijakan tanah di Inggris sudah terbersit dalam benak semenjak SMP. Ketika itu, ya seperti kebanyakan remaja lainnya, saya sangat mengidolakan West Life, sebuah boy band asal Irlandia. Ya memang, band tsb berasal dari Irlandia. Tapi tetap saja membuat saya menjadi tahu tentang Inggris. Dan saya berhasil memimpikannya, membayangkannya. Seperti apa Negara yang sekarang tengah dipimpin oleh seorang wanita kuat yang disebut sebagai Ratu itu. seperti apa Istana Buckingham yang menjadi bahan omongan orang-orang kecil disini. Seperti apa besarnya jam Big Ben. Seperti apa stasiun yang menjadi tempat syuting film Harry Potter dengan peron ¾-nya yang terkenal. Seperti apa dan seperti apa?

Apalagi ketika saat itu pula (SMP) saya mulai belajar nonton bola dan mulai menyukai beberapa liga seperti Lega Calcio Seri A dan Permier League. Meski fanatisme terhadap bola tidak bertahan hingga sekarang (kecuali saat World Cup tiba) tapi cukup membuat saya tergoda untuk tahu lebih banyak soal tanah Eropa. Yang saya ingin lihat ialah bagaimana suasana menonton bola langsung di stadionnya. Bagaimana tampang stadion Old Trafford dengan kemeriahan para supporter dan apiknya tendangan-tendangan cantik para pemainnya. Ah, jadi teringat film Green Street Hooligans yang diperankan Elijah Wood.

Dan sekarang mimpi ingin pergi kesana semakin menjadi. Apalagi sejak ‘dipanas-panasin’ oleh salah seorang pegawai yang bekerja di DAAD Jakarta. Ditambah seorang teman volunteer di kantor ialah lulusan master Petroleum Legal dari Dundee University di Scotland, England. Jadi semakin penasaran-lah saya dengan Inggris. Saya selalu menggali informasi dari teman saya itu tentang bagaimana Inggris dan orang-orangnya.

Ya, sekarang mungkin masih mimpi, tapi suatu saat, pasti bisa menjadi nyata. Tanah Inggris ialah tanah yang diciptakan Allah juga. Tanah Orang Islam juga. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah memang berkehendak. Sehingga setiap saat pergi, saya selalu membawa mimpi itu sebisa mungkin. Ketika saya berada di terminal Blok M, saya membayangkan sedang berada di Subway di London (London Tube).

Dan ketika saya berjalan-jalan dengan Trans Jakarta (Busway) saya membayangkan berada di pusat kota London dengan segala hiruk pikuknya. Ketika saya membawa tas yang berat dengan buku-buku saya pun membayangkan saya tengah menempuh perjalanan menuju universitas negeri tempat menuntut Ilmu di London sana. Hingga ketika saya memasuki masjid, saya membayangkan saya tengah berada di tengah-tengah London Central Mosque and The Islamic Cultural Center dan siap berbaur dengan para muslim dari berbagai dunia yang tengah berada di London. Hmm, sungguh menyenangkan jika mimpi tidak hanya dijadikan mimpi semata, namun dibayangkan dan akhirnya menjadi nyata.

Dan akan bertambah bahagia lagi, jika suami saya nanti ialah laki-laki muslim Indonesia yang sangat suka petualang dan haus ilmu pengetahuan dan wawasan. Mungkin ia seorang ahli Geologi yang memimpikan bertemu dengan founding father Geologi dunia seperti James Hutton atau William Smith (bukan Will Smith ya :mrgreen:). Sehingga ia rela dan mau berkunjung (saya kudu diajak pastinya kalo dia jalan-jalan. :mrgreen:) ke negara asal kedua ilmuwan tersebut yakni: INGGRIS. Menyenangkan berbagi ilmu pengetahuan dengan orang yang juga suka dengan ilmu dan wawasan dan ambisius dengan mimpi-mimpi. Hehe, kok jadi ngomongin ini. tak apa, mimpi itu memang harus ditulis. Ya toh?

Be Creative, Be Indonesian!

Tanah airku Indonesia… Negeri elok amat kucinta.

Tanah tumpah darahku yang mulia… Yang kupuja sepanjang masa.

Tanah airku aman dan makmur… Pulau Kelapa nan amat subur.

Pulau Melati pujaan bangsa… Sejak dulu kala. (Rayuan Pulau Kelapa)

indonesiakreatif Lagu Rayuan Pulau Kelapa diatas begitu menggugah. Ah, jadi ingat masa SMP dulu ketika saya menyanyikan lagu ini bersama teman-teman lainnya yang tergabung dalam tim Aubade (tim paduan suara yang khusus menyanyikan lagu-lagu kebangsaan ketika upacara perayaan kemerdekaan di Istana Negara). Wow… dila pernah ikutan paduan suara untuk upacara di istana? Heheh, iya pernah, dulu waktu SMP (sekitar taun 2001, waktu presidennya masih Megawati, waktu itu kelas 3 SMP cawu I). Maklum, beberapa SMP dan SMA Negeri yang cukup ternama di DKI Jakarta (khususnya Jakarta Pusat) pasti diminta mengirimkan kelompok siswa untuk menjadi tim paduan suara pada upacara perayaan kemerdekaan Indonesia (17 Agustus) di istana. Eh, tapi tenang ajah, saya tidak akan bercerita soal bagaimana proses saya masuk seleksi tim paduan suara tsb juga bagaimana latihannya atau gladi resiknya atau juga lamanya kami menunggu dimulainya upacara (upacara mulai jam 9, sementara kita udah nyampe jam 6.30) bersama para satuan ABRI dan polisi. Namun lagi-lagi tulisan kali ini dibuat dalam rangka memenuhi tema yang telah disepakati creative theme day di tiap awal bulannya.

Dan tema awal bulan Agustus ini ialah, 100 % Indonesia Kreatif! Wow, Indonesia Kreatif? Yup, kreatif. Menurut teman-teman bangsa kita ini udah kreatif blum? Kalo menurut saya kita kreatif, meski belum sempurna dalam segala bidang. Mungkin sekarang kita ngomongin prestasi-prestasi kita aja kali ya. Daripada ngomongin kekurangan bangsa kita terus, capek! Hehehh….

Bangsa Indonesia ialah bangsa yang kreatif 100%! Siswa Indonesia selalu mendapat juara dunia untuk olimpiade Sains baik Matematika, Biologi atau Fisika. Olahraga Bulutangkis Indonesia pun sangat diperhitungkan, juga olahraga catur, tinju atau angkat besi. Apalagi untuk urusan internet, dinyatakan Indonesia termasuk dalam 15 besar Negara di dunia untuk pengguna internet paling aktif. Ya, ternyata meskipun termasuk Negara berkembang, untuk urusan internet bangsa kita udah canggih betul. Pengguna facebook atau blog di Indonesia pun bisa jadi merupakan jumlah pengguna terbesar di dunia. Dan percaya gak, bangsa Indonesia lebih melek teknologi informasi daripada bangsa Amerika. Ini fakta kecil-kecilan yang saya temui di lapangan lho. Hehe, padahal Cuma beberapa bule yang saya temui dan ternyata mereka memang tidak cukup kenal dengan TI. Bayangkan saya pernah diminta mengajarkan salah seorang warga USA soal bagaimana membuat slide show power point di laptopnya untuk terus berputar ter-limit waktu. Dan bayangkan juga ketika saya bicara soal facebook dengan teman USA saya dan tampaknya ia tidak begitu mengerti dengan aplikasi facebook yang ‘aneh-aneh’. Atau soal wordpress (fasilitas blog lainnya), teman saya itu pun tidak tahu tentang itu dan malah meminta saya untuk membuatkannya. Enak ajaaaa,,, bikin sendiri ah. Hehe, tentu saya tidak menjawab begitu kepadanya, namun begini: “I know you can do it!” heheh….

Saya pernah juga menonton nuansa berita di salah satu tv swasta tentang bangsa Indonesia yang memanfaatkan ilmunya sebagai IT dan komikus untuk menjual hasil karyanya di USA via internet. Yang pertama, yang saya ketahui, kalo saya tidak lupa ya, ialah mahasiswa USU *Universitas Sumatra Utara* (mungkin sekarang udah lulus kali ya) jurusan Ilmu Komputer yang memang cukup berprestasi. Ia melakukan bisnis design melalui internet dengan perusahaan di USA. Caranya ia mengirimkan karyanya lalu mungkin ada beberapa appointment dan semacamnya dan lalu deal, dan jadilah ilmunya menghasilkan uang yang lumayan. Lalu yang kedua, ialah dua orang komikus yang ternyata menjadi designer dan creator untuk sebuah komik bersambung di USA. Cara dealnya tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan mahasiswa USU tadi, yakni via internet. Wah, keren kan! Bangsa kita memang kreatif euy, Cuma kadang malesnya gede benerrr!

Seperti kata pak Arif, director PT. Petakumpet inc. yang juga penulis buku ‘JUALAN IDE SEGAR’, “nothing is impossible”. Yup, betul. Kita punya segalanya. Kita punya ide dan kreatifitas. Jadi apa yang harus ditakutkan. Apa yang harus di-rendahkan?? Apa yang harus diminderkan? Jadilah Indonesia yang kreatif 100% bahkan kalo bisa 1,000,000,000 %! Takut gak bisa?? Ah, payah deh. Pasti bisa kokk! Don’t worry… we know that we can make it!

Semangat bangsaku, semangat negeriku!

Enlist Persons’ Name You Want to Meet

Do you have an idol or some people that you adore? If you have, do you want to meet them? Do you have a dream to meet and talk with them? Hmm, if you do, have you enlist them into a list entitled “MY ADORABLE PERSONS AND I HOPE I COULD MEET THEM”?

I have some people that I adore so much. But unfortunately I never enlist them into my notes. And I want to jot down their names into my list in this blog RIGHT NOW. They are:

  1. Muhammad SAW and his relatives and best friends (has passed away. But I hope I could meet him and their people in the next life, in the HEAVEN)
  2. Umar bin Abdul Aziz and his wife, Fathimah (also has passed away. But I hope I could meet him and his wife in the next life, in the HEAVEN)
  3. Albert Einstein (also has passed away. But I hope I could meet him, also in the next life)
  4. Sigmund Freud (also has passed away. But todays I don’t care with him anymore. It’s because first, he’s Jews and second, I don’t care with his psychoanalysis theory anymore)
  5. Sinichi Kudo (impossible. Because he’s not real!!)
  6. Eliza V. Handayani (the author of novel ‘AREA X. HYMNE RAYA ANGKASA’. She’s smart and adorable person. Her novel is so scientific and I love it.)
  7. Duta ‘Sheila on 7’ (hehehhhh)….

So, they are persons that I want to meet this moment. May be someday I will add some names again on that list. May be you? May be them? Who knows? 😉

Okay, so who are persons you want to meet? Tell me, gals. May be I am enlisted into your list, huh. Hehehhh… :mrgreen: