Ulasan: I am Sam

I Am Sam

Image via Wikipedia

Film yang saya tonton kali ini adalah Film terbitan tahun 2001; I am Sam. Jika dalam ‘Ocean Heaven’ diceritakan seorang anak autis yang dirawat oleh ayah yang super sabar, sebaliknya ‘I am Sam’ bercerita tentang seorang ayah berkebutuhan khusus (autis) yang mencurahkan segala waktu, usaha, kemampuan dan cintanya untuk membesarkan anak semata wayangnya. Sam, sang ayah (diperankan oleh Sean Penn), merupakan seorang yang berkebutuhan spesial dan bekerja sebagai waiter di salah satu kafe. Hidupnya berubah ketika pasangannya melahirkan seorang anak perempuan (diperankan oleh Dakota Fanning) dimana sang ibu meninggalkan anak dan suaminya begitu saja setelah melahirkan. Waktu berlalu dengan tidak cukup mudah. Sam, dengan segala keterbatasannya, harus merawat anaknya dengan segala yang ia punya dan dibantu oleh tetangganya dan teman-temannya yang sebagian besar adalah juga orang-orang berkebutuhan spesialtis. Hingga suatu saat Dinas Sosial setempat mengambil anaknya untuk diadopsi keluarga lain dengan alasan Sam yang tidak mampu mengurus anaknya karena dirinya yang berkebutuhan khusus. Saat itulah Sam memperjuangkan haknya sebagai ayah agar dirinya bisa kembali merawat anaknya.

Menonton film ini akan banyak memberi kita informasi baru mengenai kehidupan orang lain yang mungkin ‘berbeda’ dengan kita, apalagi jika orang tersebut menjalani kehidupan sebagai orang tua. Film lama memang, tapi apa salahnya jika kita belum menontonnya atau bahkan menonton ulang. Akan banyak hal yang mungkin saja semakin membuat kita terinspirasi.

Iklan

15 thoughts on “Ulasan: I am Sam

    • mungkin karena berbeda dari karakter orang pada umumnya. andai saja semua orang (orang kebanyakan) adalah autis, maka orang yang tidak autis akan dikatakan ‘berkebutuhan khusus’.

  1. saya udah nonton pelm ini…sedih dan seru..anak kecilnya lucu. tapi sekarang udah gede gak lucu lagi :D. terakhir liat anak kecil yang udah gede itu ada di pelm Twilight

    kalau bung Sean Penn mah emang udah yahud sejak lama 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s