Mengajak Anak Berkreasi dengan Melukis T-Shirt: Salah Satu Mainan Kreatif Anak

Terkadang orang tua bingung bagaimana mengajak anak bermain tanpa harus ke luar rumah. Karena biasanya orang tua ingin menemani anak bermain tetapi ingin juga melakukan pekerjaan rumah yang harus mereka kerjakan. Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan anak agar dapat bermain di dalam rumah tanpa membuat mereka merasa bosan. Sehingga orang tua pun bisa menyambi pekerjaannya sambil mengawasi anak bermain. Lalu, mainan apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak di dalam rumah? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mewarnai atau menggambar. Tapi hal itu sepertinya sudah cukup sering dilakukan anak, maka mungkin bisa sedikit dimodifikasi dengan mengajaknya membuat lukisan (mewarnai lukisan) pada t-shirt polos. Seperti yang dilakukan adik-adik dhila13 (Lu’lu dan Hilma) beberapa waktu lalu. Ibu saya memiliki sepasang t-shirt yang sudah siap diwarnai. 2 t-shirt ukuran anak-anak itu sudah ada lukisan barbie polos yang belum diwarnai. T-shirt seperti ini bisa didapatkan dengan cara membeli. Biasanya dalam satu paket t-shirt sudah ada cat air beserta kuas dan wadahnya. Atau jika anda punya t-shirt polos, bisa saja meminta anak anda untuk melukis t-shirt mereka sendiri. Berikut foto-foto yang saya ambil ketika Lu’lu dan Hilma sedang mewarnai t-shirt.🙂

P19-06-11_08-14[1]
P19-06-11_06-51
P19-06-11_06-53
P19-06-11_06-55[1]
P19-06-11_06-58
P19-06-11_07-06
P19-06-11_08-14
P19-06-11_07-19
P19-06-11_07-39
P19-06-11_08-13[1]

Aktivitas diatas hanyalah salah satu contoh saja. Banyak mainan kreatif yang bisa dilakukan anak selain melukis. Bisa dengan melakukan origami. Beri anak kertas warna dan ajarkan kepada mereka bagaimana cara membuat origami. Ajarkan contoh-contoh yang simpel saja agar mudah dimengerti dan dipelajari dengan cepat oleh anak.

Sekian artikel simpel tentang mainan yang kreatif dari saya. Jadi, daripada anak seharian menonton televisi di rumah, lebih baik biarkan mereka bermain dan berkreasi. Karena hal itu dapat membuat mereka tumbuh menjadi anak yang kreatif, insya Allah. Semoga bermanfaat. Salam pagi semua.😉

Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak.

59 thoughts on “Mengajak Anak Berkreasi dengan Melukis T-Shirt: Salah Satu Mainan Kreatif Anak

  1. Pernah nemu jg keknya Dhil yg kyk gini di emol emol, pastinya ya, seru bgt buat anak2, bisa ngewarnain baju trus mereka pake sendiri nantinya😉

    • nah itu dia kak… aku ga tau. aku juga lagi cari ini.. ibu waktu itu dikasih temennya. jadi ibu aku mungkin jg kurang tau. nanti deh aku cari info dulu. klo aku udh tau nanti aku infoin😀

      • haeeeh cepat2 kutengok ini jawabannya ternyata tak tau juga si dhila
        kurasa kek yang di pameran2 anak2 itu ya? waktu itu ada di bobo fair bukannya nanya aku ya

      • hihi.. maap kak, maap..😀
        aku juga lagi ga nyatet itu siapa distributor yg ada di kertas kecil di paket kaosnya..

  2. Dhila kalo ada info beli t-shirt ama tintanya itu kasih tau ya ke inbox, perasaan kalo ke jakarta gak nemu deh… atau emang mamah yang terbatas daerah jajahan mallnya :D… kreatif buat anak-anak thanks udah postingin yang ini ya

  3. jadi ingat pas dulu ikut volunteer acara melukis kaos, pesertanya juga anak2 tapi kaosnya gambar badak, sekalian mengenalkan badak pada anak2

  4. bisa diikutkan di kontes uda vizon nih Dhila, tentang permainan anak
    linknya balik ke stempel dan aksara aja ya dhil, lagi pake hp nih nggak bisa ngelink

  5. Mungkin itu bukan cat air biasa. Tapi tinta khusus untuk sablon. Biasa disebut rubber. Warnanya putih, tapi sebenernya kalau di aplikasikan ke kaos, jadi bening. Agar menghasilkan warna, rubber harus dicampur dengan pigmen warna. Bahan2 itu biasanya dijual di toko peralatan sablon.

  6. Jangankan anak kecil saya aja suka banget mglukis-nglukis meski aliran Abstrak…ow iya saya jadi inget kata guru seni rupa saya waktu SMA dulu,Beliau bilang melukis itu punya manfaat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri.

  7. Mau dong dibikinin kaos hasil lukisannya… Keren euy…🙂

    Terima kasih ya Dhila…
    Tulisan ini sudah saya catat sebagai peserta dalam MAINAN BOCAH CONTEST

  8. Kreatif banget Dhila, kaos yang digambar dan diwarnai sendiri kayak begini, pasti lebih asyik kalo dipake…bukan apa-apa, kayaknya sih bakal lebih pede…keren😀

    Selamat ikutan lomba ya, sukses!

  9. orang tua kreatif, kakak kreatif akan menciptakan anak-anak kreatif

    btw saya jadi ingat dengan rumah pohon, gimana sekarang kabar rumah pohonnya??

    salam dari pamekasan madura

  10. Alhamdulillah, akhirnya saya pun selesai juga mengerjakan tulisan untuk ikut kontes yang satu ini. Semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil maksimal . Amin. Saling mendoakan ya, insha Allah.

    Oh ya, saya juga sedang mengadakan kontes menulis Endorsement for Abi Sabila. Mohon doanya, dan saya tunggu partisipasinya. Terima kasih

  11. Ping balik: SURAU INYIAK » Blog Archive » sudah tutup

Tinggalkan Balasan

