Bentor Medan dan Bentor Gorontalo

Hey Bloggers, apa kabar? Hehe, kangen juga belum blogwalking lagi.:mrgreen: Sekarang saya mau nulis tentang Bentor ah. Ada yang tahu apa itu Bentor? Pasti hampir semua tahu deh soal Bentor. Cuma urusan udah naik atau belum sih pasti belum tentu semua sudah, karena belum tentu semua sudah pernah bertandang ke kota yang ada Bentornya. Kalau naik becak gimana? Sudah atau belum? Saya juga yakin belum semua pernah naik becak dengan beberapa alasan tertentu. *sok tau nih dhila😀

Angkutan umum yang cukup terkenal di Medan adalah Bentor alias Becak Motor. Becak Motor adalah kendaraan perpaduan dari becak dan motor. Jika biasanya becak (gerobak) hanya dijalankan dengan di-goes saja, Bentor dijalankan dengan menggunakan motor. Awalnya saya pikir bentor hanya ada di Medan saja, karena yang saya sering lihat di tv ya Bentor yang ada di Medan. Tapi ternyata, ati olo saya ini (frase khas Gorontalo yang entah apa artinya saya kurang tahu. hehe) .. Bentor pun juga ada ji di Gorontalo. Bentor yang ada di Gorontalo pun sama dengan yang ada di Medan, yakni sama-sama perpaduan Becak dan Motor. Namun ternyata ada perbedaannya meski tidak begitu banyak. Oke, coba kita lihat beberapa foto dibawah ini:

Bentor Medan (panoramio.com)

Nah ini dia Bentor Medan, dengan posisi Motor yang ditempelkan disamping becak. Sayang sekali ketika saya berada di Medan, saya tidak sempat mencoba naik Bentor Medan. Semoga kalau diberikan kesempatan ke Medan lagi saya bisa mencoba naik Bentor keliling kota Medan. Amin.🙂

Bentor Gorontalo (koleksi dhila13)

Kalau ini Bentor Gorontalo dengan posisi motor yang  ada di belakang becak. Yang duduk di kursi penumpang (depan) adalah saya sendiri (dhila13) jadi tampilan fotonya sengaja saya corat-coret di bagian wajah dan kaki, hehe biar teman-teman bloggers penasaran bagaimana wajah saya (GEER!). Sementara yang duduk di kursi pengemudi (belakang) adalah pak Sirjon, pemilik Bentor. Foto ini diambil tahun lalu ketika pertama kali saya berkunjung ke Gorontalo.

Nah bloggers, begitulah ceritanya postingan saya ini, cuma ingin publish perbedaan kecil antara Bentor Medan dan Bentor Gorontalo. Sebenarnya Bentor tidak hanya ada di Medan dan Gorontalo saja, di beberapa kota seperti Makassar, Padang dan Bangka pun juga ada. Ada lagi yang tahu dimana Bentor berada selain di lima kota yang saya sebutkan tadi? Oh iya, ngomong-ngomong, ternyata postingan saya ini sama dengan postingannya Ananda. Padahal saya ga plagiat atau ide nyontek lho. Kebetulan sama hehe. High Five dulu buat Ananda.:mrgreen:

85 thoughts on “Bentor Medan dan Bentor Gorontalo

  1. Wehehehehehe.. Dhila naek bentor. waktu ke pulau tidung juga ada dhil. cuma dia depan abang2nya.. dan muatannya lebih banyak. kaya motor tossa cuma dikasih atap aja supaya penumpangnya ga keujanan. dan itu bukan kendaraan umum, semacam kendaraan dinas sekolah setempat. maklum, di pulau kecil ga ada mobil, paling banter motor.😛

    PERTAMAX btw.🙂

    • ahahaha… iya dong topa gw naik bentor. aduuhh.. gw belon kesampaian euy ke Tidung dari kemarin2 cuma rencana ajah nih. moga kapan2 bisa ke TIduuungg.. fufuufu..:mrgreen:

  2. Saleum,
    ketika saya ke medan beberapa bulan yang lalu, bentor sudah tidak saya temui lagi, pada kemana ya? eh ternyata sedang digunakan buat acara foto foto oleh mbak dila😆
    saya lebih suka naik becak sepeda alias BEDA, gak bising dan gak menyebabkan polusi udara
    saleum dmilano

  3. Itu kayaknya abang becaknya males ngayuh, jadinya dipasangin motor deh..
    hehe..

    Tapi enak juga ya.. jarak tempuhnya jadi lebih jauh. Enak buat turis yang ingin jalan-jalan santai..
    tapi berisik ga sih motornya?

  4. Saya udah lumayan sering naik becak motor di Padang, yang nggak enaknya adalah kalo kita dinaikkan ketika sudah ada penumpang lain, atau ketika kita sudah naik dan becaknya udah jalan, eh ternyata pak supirnya menaikkan penumpang lain. Jadilah kita berdua-duaan di becak * asoyyy…. Biasanya kalo udah gini bikin bibir jadi manyun aja….
    Saya pernah naik becak non-motor di Makassar, kasian banget mendengar desahan nafas bapak2 tua yang mengayuh sepeda tsb. Tapi, kata teman yg orang sana, “biasa mah… itu triknya dia biar orang jadi kasihan dan bayar lebih…” <– jadi bingung juga, tapi tetap kasian ngeliatnya

  5. kagak pernah naek bentor, pernahnya naek bemo
    eh jauh yah..
    hehehhehehe. kalau di Jogja gak ada bentor, tapi ada beberapa becak yang dikasih mesin motor, tapi secara fisik agak-agak miriplah sama bentor di gorontalo itu

  6. Salam Takzim
    Bentor Medan lebih aman, sepertinya dari pada bentor gorontalo untuk penumpangnya.
    Banyak yang komplen dengan bentor sulawesi saat itu saya mengamati di makassar penumpang dibiarkan menerpa angin kasihan saat hujan aja mbak
    Salam takzim batavusqu

  7. di palembang juga ada mbak si bentor. tapi sayangnya ga ada di kota, jadinya belum pernah nyobain juga deh. hhuhu
    bentornya sama dengan yang medan, motornya disamping.
    lah, itu siapa yg disuruh motoin mbak dila ? hihihi.
    btw, kenapa namanya bentor yah mbak ? becak-motor, “N” nya darimana ? kekekke

  8. ada yang udah kasi tau arti ati olo?
    ati olo itu kasian

    ah, bentor, sayang saya penempatan di pontianak. ga bisa pulang tanah kelahiran di gorontalo

  9. Yang namanya bentor di daerahku tidak ada, apalagi becak asli yang memakai bahan bakar nasi sepiring.😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  10. Di daerahku gak ada bentor apalagi becak asli yang berbahan bakar nasi sepiring😆 Jadi gak pernah merasakan sensasi nya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  11. Ah, saya dulu pernah naik Bentor di Bandung pas masih kecil😀 Nggak tahu apa sekarang di sana masih ada atau tidak… udah lama banget nggak ke sana😦
    Kapan-kapan kalau ke sana, dan masih ada, mau naik lagi ah:mrgreen:

  12. Batavusqu@…
    khusus buat batavusqu dan mbak dilla…,,,gini ya…bang vusqu tdi nanya sm mbak dilla mngenai keamanan pnumpang ktika trun ujan ,,,ini juga buat mbak dilla spy lbih jlas mbak dilla tau ntang bentor……sy orng gorontalo dan hobi naik bntor…sy cuma prjelas bhwa bntor mmpunyai pintu depan buat pnumpang,,,jadi klw ada ujan mka ujannya gk smpai masuk n kena sm pnumpang…pintunya bisa di angkat dan di taruh di atas kpala tw dbawah atap bntor,,,cm klw diliat di foto mank tdk trlihat tp klw dlihat lbih dkat itu kliatan..biasanya bntor mmpunyai sound sistem yg gunanya sbagai daya tarik pnumpang..trus,,skarang bntor gorontalo mmpu mnembus pasar makassar,,jawa sbagian,sulut,kendari dll…trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s