Bagi-Bagi Buku: TASBIH 1432 H

Allah, Pulsa dan Komik Jepang (ciceropublishing.com)

Hi Bloggers, alhamdulillah akhirnya saya bisa menyelenggarakan Tasyakuran Berbagi Kasih (TASBIH) lagi di blog tercinta ini. Setelah satu tahun lewat diselenggarakan TASBIH 1431 H (episode rumah pohon), sekarang akan diselenggarakan TASBIH 1432 H. Seperti biasa dalam syukuran kali ini saya pun akan bagi-bagi buku. Buku yang akan saya bagikan adalah bukunya pak Tauhid Nur Azhar yang berjudul, Allah, Pulsa dan Komik Jepang. Ada yang udah punya? Kalau belum yuk ikutan tasyakurannya disini.

Buku yang akan saya bagikan jumlahnya terbatas, hanya 8 buah saja. Maka seperti TASBIH sebelumnya saya pun akan memberi pertanyaan ‘gak penting’ sebagai syarat untuk ikut serta dalam TASBIH 1432 H ini. Pertanyaannya adalah:

“Menurut teman-teman, enaknya jadi blogger itu apa sih?”

Nah itu dia pertanyaannya. Untuk jawaban / pendapat silakan diisi di kolom komentar postingan ini ya. Jawabannya terserah teman-teman mau seperti apa. Disini tidak akan ada jawaban benar atau salah. Sehingga untuk pemilihan siapa yang akan mendapat buku nanti pun memakai ‘asas suka-suka’ sebagai alat ujinya. Jadi, saya akan memilih jawaban yang bagus menurut saya sendiri. Tak apa ya? Fair ya kalau saya beritahu sejak awal ini.:mrgreen:

TASBIH 1432 H ini akan berlangsung selama seminggu, 7 -13 Desember 2010 (1 -7 Muharram 1432 H). Dan untuk yang terpilih akan diumumkan tanggal 14 Desember 2010. Oke friends, sekarang silakan mulai isi pendapat (jawaban) -nya di kolom komentar. Semangat!🙂

20 thoughts on “Bagi-Bagi Buku: TASBIH 1432 H

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Enaknya jadi blogger?. Banyak banget, Mbak. Dengan aktifitas tulis menulis kita mampu:
    1. menyalurkan aspirasi dan unek-unek dalam hati dan pikiran.
    2. Kita juga dapat sedikit ‘berdakwah’ dengan menggunakan media blog maupun saat berkomentar.
    3. Melatih dan mengasah kemampuan tulis menulis.
    *Ketiganya sudah saya rasakan

    Yang selanjutnya dengan aktifitas blogging, kita bisa mempererat tali silaturrahmi, persaudaraan antar pengguna internet. Selain itu kita bisa belajar, berdiskusi, dan berbagi pengetahuan, pemahaman, ketrampilan.

  2. Menurut saya, enaknya menjadi blogger antara lain:
    1. Blog adalah media penyaluran yang baik
    Bagi orang extrovert seperti saya, berbagi cerita melalui blog jauh lebih asyik ketimbang hanya menulis diary. Menulis blog lebih bermanfaat daripada sekedar curhat ke teman. Menurut saya dengan menulis blog, kita merasa memiliki tanggung jawab sosial/ terikat dg etika menulis di media publik, sehingga kita terpaksa selalu mencari suatu ‘insight’ dari setiap curhatan yang ingin kita tulis. Jadi bukan cuma curhat, melainkan kita harus selalu mencari tujuan kita menulis itu apa, setidaknya bermaksud baik bagi pembaca. Belum lagi dengan menulis blog, akan ada komentar-komentar pembaca dari berbagai sudut pandang, sehingga diam-diam kita jg belajar dari komentar itu, atau bahkan dapat solusi atas masalah tertentu, atau bahkan menemukan teman baru (seperti dirimu untukku hehehe).🙂

    2. Blogger beda dengan social-network user
    Bolehlah kita bandingkan blog dengan social network, di mana kita sama-sama bisa berekspresi, menjadi diri kita sendiri, dan bersilaturahmi. Namun blog adalah tempat di mana penulisan merupakan hal utama. Sedangkan tulisan merupakan manifestasi dari pemikiran seseorang (ada peran kemampuan verbal juga sih). Dan di era materialistis ini, semakin sulit menilai orang tanpa menghubungkannya dengan materi, seperti misalnya bentuk fisik dll. Saya yakin bahwa pemikiran seseorang lebih menggambarkan seperti apa dirinya. Tentu, dibutuhkan kemampuan verbal untuk mengungkapkannya. Jadi menurut saya blog merupakan gambaran seseorang yang lebih representatif ketimbang hanya sekedar foto atau status update. Jadi maksud saya, kalo mau nyari jodoh, baca blognya dulu, jangan hanya meng-add akunnya di suatu social network. Lho? hehehe

    3. Menjadi blogger adalah cara tergampang untuk berbagi ilmu
    Saya yang fresh graduate ini punya semangat menggebu-gebu untuk berbagi ilmu di bidang saya. Nah, daripada susah kan mending tulis aja di blog. Siapapun bisa menulis sesuai ekspertisinya. Toh level of evidence blog sangat rendah, jd orang tidak bisa seenaknya menyalahkan kita kalo kita ada salah2 kata ttg suatu ilmu. Namanya jg blog, bukan jurnal atau publikasi ilmiah. Blog tetap akan dipandang sebagai blog. Saya bilang begitu bukan sebagai justifikasi kita untuk menulis ngawur lho ya. Syukur-syukur klo menulis sesuatu yg ilmiah kita menuliskan reference atau footnote. Itu jauh lebih baik. Sebaliknya, saat kita googling sesuatu, tentu selain Wikipedia kita jg cenderung membuka blog yang mengandung kata itu. Jadi blog memang sangat membantu, walaupun hanya untuk memperkenalkan kita akan sesuatu secara superfisial, atau bahkan pengalaman seseorang ttg sesuatu itu.

    Begitulah menurut saya.🙂

  3. enaknya menjadi blogger adalah menjadi pembeda intelektual dengan mereka yang menggunakan social network atau jejaring sosial biasa. Tidak hanya aktualisasi diri dalam bentuk tulisan, tapi juga menggunakan tulisan sebagai media informasi yang bisa dipercaya dan menerima informasi balik dari blog lain yang bersifat normatif atau pengetahuan umum.
    Enaknya jadi blogger adalah melatih keterampilan menulis tanpa perlu mengirim hasil tulisan ke media, di blog sendiri tulian kita dimuat. Masalah bagus atau tidaknya tak terlalu penting yang jelas kemampuan menulis lambat laun bisa terasah dan menghasilkan tulisan yang tidak sekedar curhatan tapi bisa diimbangi tulisan yang variatif lain

  4. wah, kayaknya banyak banget kalau ditanya enaknya jadi blogger ,Dhila . Diantaranya adalah :

    1. dengan menjadi blogger kita bisa mengasah kemampuan tulis menulis , menambah ilmu dan wawasan, menambah teman dan sahabat pastinya dgn saling berinteraksi melalui komentar di blog.

    2. untuk bunda yang sudah pensiun gini, untuk mencegah kepikunan dini dgn terus menulis, paling tdk terus melatih daya ingat. Blog juga utk tempat belajar agar tidak terlalu gaptek banget🙂

    3.dengan menjadi blogger, sudah pasti kita bisa berbagi berbagai macam pengetahuan, pengalaman, berbagai tips dan trick pd para nara blog yg lain melalui tulisan, sekecil apapun, selalu ada manfaat yg didapat dr sebuah tulisan.

    4. Kita juga belajar utk menghargai tulisan seseorang, dgn memberi komentar yg sesuai dgn apa yg ditulis, blog jg mengajarkan kita rajin membaca (sebagai penganti buku)

    Dan , pastinya melalui blog jugalah bunda bisa bersahabat dengan dirimu, Dhila🙂

    Salam

  5. enaknya jadi blogger apa ya?

    well dari perspektifku, jadi blogger itu enak karena:

    1. saya bisa mengembangkan kepribadianku yang betul2 berbeda dengan kepribadianku di alam nyata. well, di blog saya bisa bebas membahas mengenai hal yang sama sekali saya tidak pernah urusi saat di kehidupan sehari-hari.

    2. bisa mengenal blogger lain yang tidak pernah saya temui. bertukar pikiran dengan mereka, menambah informasi dari mereka dan minta hadiah dari mereka😀

    3. punya banyak fans maya😀 yang nyari bahan kuliah😀 hehehe…

    4. terus apalagi ya? bisa nulis sembarangan tanpa ada orang yg bisa ngelarang😀

    5. dll….terlalu banyak

  6. menurut opini saya jadi blogger itu enaknya :
    1. Bisa ngoceh-ngoceh di page sendiri, lagi kesel kek seneng kek, bebas wong ini page sendiri :p
    2. mau share pengalaman pribadi, atau pengalaman pekerjaan, n you know what itu sgt membantu org lain & ngebantu org lain kan jg pahala :p, n apalagi klu
    tulisan kita bisa memberi inspirasi buat org lain waw it’s amazing, syukur2 ada yg ngunjungin atau komen di blog kita
    3 Paling keren bisa terus berlanjut dengan kopdar –> silahturahmi –> and finally community tertentu wahh..keren tuh saya aja dr ngepost yg cupu2, trus bisa gabung sama komunitas tertentu, wah mereka keren-keren bisa menanbah inspirasi2 baru
    4. Blogger juga bisa di manfaatin buat bisnis yah senacam bisnis2 online, so ngeblog sambil ngasilin uang, jadi iseng sambil ngasilin uang😀

    ..pokok kalau jadi blogger bagi saya bisa nambah dan ngasih inspirasi buat sesama, terlepas tulisan kita mau dibaca atau tdk buat org lain, yg penting PD dulu aja ngeluarin ide atau bikin tulisan, pasti suatu hari we will become a super person😀

    “sesuatu yang kita anggap tidak penting blm tentu tidak penting bagi org lain” , so keep walking blogger😀

  7. Dhilaa,,

    ikutan,,,,

    Blog buat gw:
    1. membantu gw belajar. Belajar tata bahasa yang baik, belajar bahasa indonesia dan bahasa inggris sedikit2, belajar bersabar untuk menguraikan maksud dan pendapat gw(karna gw suka ga sabar kalo mau jelasin sesuatu ke orang); belajar menulis yang baik yang pada akhirnya membuat gw belajar berbicara yang baik. bikin gw berani menggali pendapat gw lebih dalam, berani menulis apa yg gw rasakan.

    2. Sebagian besar cerita adalah cerita Sangga, cerita terpenting dalam hidup gw, yg ingin gw share sama temen2 deket, kalo ada manfaatnya bs diambil, kalo ada yg salah, bs diambil pelajaran buat orang lain.

    3. ini yg rada absurd, kadang blog gw itu agak2 gw tujukan ke mantan pacar yg ga percaya gw berbahagia dengan hidup gw sekarang,, heheheh ppsssstttt dia pelanggan setia blog gw,, hahahaha

    4. sampai saat ini gw masih ga ingin nge blog untuk ngebentuk community atau jadi ajang silahturahmi, atau malah buat jualan. aneh memang tapi, seringkali gw merasa blog gw itu lbh untuk gw sendiri, untuk orang2 dekat gw aja. Gw lebih nyaman orang mengenal gw ga dr blog gw dulu, tp kenal gw duluan baru deh bisa berkembang ke blog gw,,, entah kenapa rasanya blog buat gw kaya barang yg pribadi,, (gw g aktifin search machine nya,, hahah) aneh bin ajaib deh,,, keluar dr norma bloger kali yaaa,, ahhahah thats me!weird!

  8. Assalamu’alaykum. Halo Dhila…
    Saya ikutan ya… meskipun sudah saya bahas di postingan yang ini, tapi khusus untuk “lomba ini” saya bikin baru aja ya…

    Enaknya jadi blogger itu adalah:
    Pertama dan terutama sekali: Media pembelajaran spesial dimana tidak ada media belajar lain yang bisa menyamai betapa luar biasanya pembelajaran yang bisa diperoleh dari per-blog-an (mantep kan bahasanya…) *mudah-mudahan gak pusing menerjemahkannya menjadi bahasa Indonesia yang baik dan benar*

    Penjelasannya: menjadi blogger membuat kita (baca: mengharuskan kita) menjadi rajin membaca, bisa menulis, pandai internet, dikit-dikit harus tau tentang web dan bahasa html, harus bersilaturahim dan menjalin pertemanan, belajar menganalisa isi kepala seseorang dari tulisannya, mengerti tentang komputer, bisa bahasa Inggris, de el el).

    Nah, media belajar apa yang bisa menyaingi hebatnya blog…? Hayoo…

    Ilmu itu ada di mana-mana. Mereka yang punya kepekaan terhadap ilmulah yang bisa mengambilnya… Wallahua’lam

    • Trus saya juga punya pengalaman bisa membantu salah seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian dimana topik penelitiannya pernah saya post di blog saya, trus dianya minta bahan + jurnal-jurnal ilmiah terkait. Karena saya punya jurnal lengkap ya dikirim aja… Kebetulan topik tersebut juga mau saya teliti *waktu itu* untuk thesis, jadi bahan-bahannya super lengkap.
      Anyway… So happy to be the help

      So, blog bisa menjadi media beramal🙂

  9. apa ya…

    mungkin bisa mengukur seberapa jauh kita menulis?

    kalo saya belakangan sih, sesekali nulis apa yang lagi pengen ditulis, sesekali asal posting, dan sesekali ngelakuin update dengan cara yang enggak biasa dilakuin sama blogger2 lainnya

  10. Enaknya jadi blogger?

    1. Bisa nulis hal-hal nggak penting bagi kita, tapi mungkin penting bagi orang lain.
    2. Bisa kenal dan melihat seseorang bukan dari wujud fisiknya, tapi dari isi pikirannya.
    3. Bisa nulis sesukanya,kapan aja, kalo lagi mood ya nulis kalo nggak ya ngaso. Coba kalo jadi wartawan, uh… bisa-bisa pusing mikir target tulisan. He2.
    4. Bisa dapet buku gratis, kan banyak blogger baik hati kayak jeng dhilla ini.😀

    Yang lain masih banyak, cuma kalo ditulis semua ntar takut kelihatan nggak mutunya. He2

  11. Ping balik: Ngeblog bareng PEC: Menulis semestinya menyenangkan « Yori Yuliandra | think like a learner

  12. Ping balik: Allah SWT, Pulsa, dan Komik Jepang « Yori Yuliandra | think like a learner

  13. Ping balik: Apa Kabar Rumah Pohon | thePOWER ofWORDS

  14. Ping balik: 10 Blogger yang Mendapatkan Buku dari TASBIH 1433H | thePOWER ofWORDS

Tinggalkan Balasan

