Selapa Knowledge Center

P12-06-10_10-38 Pernah dengar nama Selapa (Sekolah Lanjutan Perwira) Knowledge Center atau Pusat Pengetahuan Selapa? Ini adalah sebuah pusat pengetahuan dan perpustakaan kecil yang berada di lingkup kampus Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) POLRI. Sabtu kemarin (12/6) saya berkunjung ke perpustakaan ini sebentar. Hanya sekedar memuaskan rasa penasaran saya yang selama ini terpendam selama lima tahun sejak pertama kali saya menjejakkan kaki di Ciputat.

Saya cukup takjub melihat perpustakaan ini. Banyak buku yang disimpan disini terutama mengenai hukum dan perundang-undangan. Ketika itu saya menjadi menyesal kenapa tidak sejak dulu saya menghabiskan waktu di perpustakaan ini ketika tidak ada agenda kuliah atau organisasi. Dan ketika sudah lulus sekarang kok rasanya benar-benar menyesal. Ditambah banyak buku bagus yang saya temukan. Phew.

P12-06-10_10-37 Selapa Knowledge Center adalah salah satu perpustakaan yang bisa dikunjungi masyarakat secara bebas. Tujuannya tentu untuk membantu peningkatan gerakan membaca buku di masyarakat. Ada banyak perpustakaan umum seperti ini di sekitar kita, baik milik pemerintah maupun milik swasta (non-pemerintah). Salah satu contoh perpustakaan milik per-orangan (swasta) yang saya ketahui adalah Perpustakaan Iman Jama’. Perpustakaan ini berada di daerah Pasar Jum’at. Buku-buku yang menjadi andalan di perpustakaan ini adalah buku-buku mengenai agama Islam baik dari segi Fikih, Tauhid, Syari’ah, atau lainnya. Teman-teman saya yang khususnya berkuliah di jurusan ke-Islam-an biasanya mengunjungi perpustakaan ini untuk mencari referensi.

Bagaimana dengan teman-teman Blogger, sudah ada berapa perpustakaan umum yang sudah teman-teman kunjungi. Atau mungkin, ada berapa perpustakaan umum yang teman-teman ketahui? Kalau saya sendiri, tidak banyak perpustakaan yang sudah saya ketahui. Kemungkinan ada sekitar empat perpustakaan umum di Jadebotabek yang saya tahu, dan itu pun hanya tiga yang baru saya kunjungi. Ingat, cuma saya kunjungi ya, bukan dengan cara rutin. Sedikit sekali ya. Hmm, mungkin ketika kita punya kesempatan, bisa disempatkan untuk mengunjungi perpustakaan umum yang ada di daerah rumah kita. Hitung-hitung menambah wawasan dengan gratis. Lumayan kan?🙂

47 thoughts on “Selapa Knowledge Center

  1. wah… nemu tempat asyik lagi.. he3..

    di kota asal sy, malah belum pernah ke perpus daerah lagi setelah dulu waktu masih SD. Pengen ke sana lagi sih.. mungkin lain kali kalo ada kesempatan..

    jadi pengen baca buku…😀

  2. oh di Selapa itu ada perpustakaan?..

    Selapa itu bangunan yang di deket Lebak Bulus kan ya mba? yang saya tau disitu tempat orang2 bikin acara walimahan atau tempat pemutaran festival film2 indie gitu…
    trus sering ada acara diskusi yang diadakan forum2 diskusi anak2 UIN Ciputat yah…

  3. Selapa ?
    Pasar Jumát ?

    Tentu saya tau … hawong setiap pagi lewat situ … Hehehehe …

    Tetapi saya belum pernah masuk ke Sana …

    Terima kasih infonya Dhil

    Salam saya

  4. Selapa Knowledge Center ini ada dimana Dhil? di Ciputat yah?
    Aku jarang banget mengunjungi perpustakaan umum Dhil, lahwong keinginan untuk mengunjungi perpustakaan umum pusat di daerah dekat Pramuka aja belum kesampaian😦 makasih ya infonya…

  5. Belum pernah denger mbak tentang selapa mbak.. tempatnya juga jauuuuhhh banget dari sini ( ya iyalah… )

    Perpustakaan umum ya.. Hmm.. sampai sekarang belum pernah mengunjungi perpustakaan umum seperti itu. Ada sih di Surabaya, perpustakaan daerah, tapi belum pernah nyoba ke sana..

    Iya, walau pun banyak tempat seperti itu, budaya membaca masih sulit berkembang ya di Indonesia😐

    • kan sesekali bisa mas ke selapa, kalo lagi mampir ke rumah om-nya. nanti om-nya bisa jadi guide. atau harus sy yg jd guide? hehe.

      coba mungkin mas, sesekali bs main2 ke perpus daerah SBY. sekalian ikut promosi budaya membaca.

  6. Waktu SD dulu saya rajin banget ke perpustakaan, dari tingkat kelurahan dengan perpustakaan kelilingnya sampai perpus kotamadya, tapi sekarang udah nggak pernah lagi, Dhil..lebih sering yang online soalnya..:). Makasih infonya,ya.

  7. halo2 salam kenal pertama nyemplung di sinih, saya suka di perpustakaan soale hawane adem tenang dan menenangkan *apaan seh, baru beberapa perpustakaan kota dan kampus saja yang di datengin😀

  8. gw malah ga tau di situ ada perpusnya.. wih bener dhil banyak buku2 hukum???!!!!! harusnya dulu referensi makalah sama skripsi nyari di situ aja ya..😦

  9. perpus di jkt banyak juga sih,
    selain perpus nasional dan perpunda (daerah)
    di lembaga2 kebudayaan asing juga ada, boleh dipinjam umum kok

  10. Waaah…kereen..mbak Dhila ini suka jalan2 ke Perpusatakaan ya??

    Aku juga dulu suka..pas masih sma..makin kesini makin jarang dan malah ga pernah kepikiran lagi buat jalan2 ke perpustakaan..

    huuufff..jadi menyesala juga😦

    Thanks ya Mbak dah share..salam kenal dari penjelajah kecil..:)

  11. SISWA SELAPA, Dik Reg 44

    Jadi mudah mencari bahan menyusun Taskap (Tesis) gak usah jauh-jauh keluar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s