Guru dan Blog

sekarang saya ingin membahas mengenai guru (lagi). kali ini tentang Guru dan Blog. sebenarnya saya mau nulis ini gara-gara komentar Guskar di salah satu artikel saya The Class: Dokumenter Seorang Guru. begini komentarnya:

guskar Says:
05/12/2009 at 9:26 pm | Reply

klo gurunya punya blog dijamin di depan kelas ia akan disenangi para muridnya.. :P

soal Guru punya blog akan disenangi oleh murid di depan kelas seperti kata Guskar diatas, hmm bisa jadi betul adanya. apalagi jikalau muridnya blogger semua :mrgreen:. tapi kalau guru punya blog, bisa jadi kelebihan tersendiri lho. apa aja kelebihannya?

pertama, guru bisa ngenalin soal blog. apa fungsinya, gimana penggunaanya. dan apa manfaatnya.

kedua, guru bisa menggunakan blog sebagai sarana informasi pelajaran. misal, kalo guru sedang di-cecar banyak pertanyaan yang terkadang dijawab dengan kurang jelas dan memuaskan siswa, sang guru bisa mencari informasi yang kurang lengkap dan menuliskannya di blog. setelah itu, tanpa perlu repot-repot lagi mencari di search engine, siswa tinggal diminta membuka blog gurunya itu.

ketiga, guru bisa menjadikan blog sebagai sarana KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di luar jam sekolah. hal yang ini bisa mengambil dari waktu luang para siswa. tapi harus ada beberapa syarat yang dipenuhi agar blog bisa menjadi sarana efektif untuk KBM (menurut saya lhoo). syarat yang paling utama ialah, para siswa harus sudah mengenal blog, setidaknya sebatas pengetahuan dasar pun cukup. kemudian guru langsung berinisiatif dengan membangun proyek KBM non formal ini bersama dengan siswa. misal, sang guru memberi tugas agar para siswa membuat sebuah tulisan dengan tema tertentu dan mempublikasikannya di blog masing2. untuk hal ini harus ditetapkan deadline yaa, biar mantap KBM-nya. lalu wajibkan blogwalking bagi para siswa (guru juga ikutan) agar mereka bisa mengunjungi blog teman-teman mereka dan ikut berkomentar atau mengkritisi karya tulisnya.

nah, manfaat dari kelebihan blog yang terakhir ini (point ketiga), para siswa akan mendapatkan banyak manfaat. tidak hanya ilmu dari pelajaran yang bersangkutan, namun juga ilmu nge-blog (baca: menulis). para siswa pun akan berulang kali mendapat wawasan dengan tema tertentu (akibat dari blogwalking) dan hal ini dapat melekat pada benak siswa.

so, gimana para guru? yang belum punya blog, ayo donk bikin blog, kayak beberapa guru kita nih: kang dede, kang irfan, om sunarno, dan sapa lagi yah. terus buat guru yang udah punya blog, seperti orang-orang yang saya sebutkan tadi, yuk coba buat inisiatif dengan supaya para siswa semakin semangat belajar. barangkali tips saya ini laku untuk dicoba. :mrgreen:

62 thoughts on “Guru dan Blog

  1. betul betul betul (ala ipin upin ^^), sebagai guru yang niscaya akan menjad panutan, ayo dunk kembangkan budaya blogging ini, dengan tujuan yang manfaat tentunya, agar anak cucu kita menjadi ramah dengan budaya ini dan semakin maju karenanya …

    • paling tidak guru harus familiar dengan teknologi dan perkembangannya
      bukan cuma sekedar facebook aja kan

  2. pas banget uraian dhila di atas.
    permulaan yg mesti ditempuh adalah para guru yg sdh biasa ngeblog menularkan virus ngeblog ke rekan2nya. mskpn hal ini nggak mudah, krn bnyk kok guru yg blm familiar dng komputer.

    • setuju
      saya juga sering bantu-bantu teman guru dan belajar dari mereka tentang blog di sebuah sekolah kecil SMKN 1 PAKONG yang tidak terjangkau internet
      tapi masih belum mengarah sebagai media pembelajaran soalnya warnet aja masih jauh

  3. teman bundo seorang guru SMP di Bandung, bela-belain ngeblog agar muridnya lebih gampang berdiskusi ttg mata pelajaran yang diajarkannya. isi blognya khusus pelajaran biologi ๐Ÿ™‚

  4. Cita-cita yang bagus,tapi kayaknya akan terkendala di koneksi internetnya, belum semua guru paham komputer,biaya tambahan kalo murid harus bolak-balik ke internet,kondisi yang beragam dari bangsa kita ini. Mungkin nanti buat kedepannya ya,Dhil.

  5. blog memiliki sara pendukung sebagai ajang diskusi sehingga jika dimanfaatkan oleh Bapak dan Ibu Guru mungkin bisa bermanfaat juga bagi murid-muridnya disamping mendapat masukkan juga dari pihak lain yang kompeten di bidang itu.
    Trims. Salam ๐Ÿ™‚

  6. Blog Walking malam hari di penghujung pekan, mengais ngais ilmu dari para sahabat, mencari sesuap pengetahuan dan segenggam persaudaraan salam ketulusan dari ruang hati ku

  7. Dari keseluruhan guru yang ada hanya sedikit saja yang mengenal apalagi mempunyai blog.
    So, ujung tombak pendidikan kita kayaknya perlu di asah lagi.
    Hehehehe

    • setuju kebanyakan para guru masih gaptek katanya
      walau tidak kesemuanya banyak juga guru yang cerdas dan tangkas dalam mengikuti perkembangan teknologi

      salam kenal walau sudah kenal

  8. Yang saya kenal ada banyak guru yg punya blog, ada Pak Guru Wandi dari Kendal (wandisukoharjo.com), Pak Guru Mars (marsudiyanto.info), Kang Adjat Kuningan (akhmadsudrajat.wordpress.com), Kang Alam Endah juga kalau ga salah beliau guru juga…

    Yg jelas itu nilai lebih dan bisa dipamerkan didepan para siswa… ๐Ÿ˜€

  9. Wah ide ini boleh juga. Tapi ngemeng2 di sini guru yang guru yang mana ya? Guru sekolah ya? Atau guru ngaji? Atau guru karate ๐Ÿ˜€ hehe yang jelas pastilah guru school, tapi efeck nya gmn? dan apa mungkin semua murid bisa akses internet. Efecknya sampingnya ini yang gak nahani. Maklumlah internet apa-apa ada semua dari mulai yang + dan yang – oke deh salam dingin2 hangat panyaas

  10. mohon maaf, sebenarnya saya tak layak dijadikan contoh sebagai guru yang blogger, karena postingan saya lebih banyak berisi puisi jauh dari tugas saya di kelas yang seharusnya membedah ilmu-ilmu biologi, yang dalam blog saya hanya sesekali saja muncul. Adca alasan yang tak bisa saya sebutkan disini.

  11. kalau saya melihatnya banyak guru tidak tahu ngeblog ya karena gaji guru masih minim makanya sering cari sampingan samapai malem dan lagian fasilitasnya tidak memadahi sama sekali bahkan ada sekolah yang tidak meiliki komputer..

    salah siapa?????

  12. pertama : senyum dulu ah (boleh kan dil) ๐Ÿ˜€

    apa iya disenengi muridnya? ko saya belum ke sana ya dil. malah hampir semua murid bilang kalau pelajaran saya susah, apalagi tugasnya. baru dikasih tugas ngirim lewat imel aja pada ngeluh semua! ๐Ÿ˜€

    soal blog dan KBM. udah kepikiran lama banget, tapi belum dilaksanain. dan blog saya yg sekarang kayanya gak akan jadi media KBM, dan memang bukan. mungkin saya kudu bikin blog lagi dil, khusus. semester genap nanti, insya Allah….

    *berharapdisenangiparamurid… :mrgreen:

  13. guru..pahlawan tanpa tanda jasa
    sungguh mulia dan besar jasanya
    bagi bangsa dan negara…
    nama mu akan slalu hiduup dalam sanu bariiiiku^^
    salam himne guru

  14. salam pagii met pagii^^
    salam pagii smile morning
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜‰
    ___semangat___

  15. ide yang bagus banget tuh Dhila.. ๐Ÿ™‚
    Blog memang punya banyak manfaat. Seperti yang kamu uraikan di atas. Guru-guru yang punya blog ternyata bisa berbuat banyak dengan blognya itu. Wah, nice.. nice ๐Ÿ™‚
    salam persahabatan..

  16. setuju sekali dengan guru nge-blog ini. Penyampaian materi tidak hanya sebatas di kelas saja namun tidak terbatas diantara ruang dan waktu. Penjelasan – penjelasan yang tidak dimengerti di kelas bisa didetailkan di blog.
    Nah pernyataan terakhir saya itu yang mbikin saya pusing, tulisan saya malah mbikin pusing orang. Saya ndak bakat jadi guru untuk menjelaskan sesuatu.

  17. yang penting digunakan sesuai fungsinya , dan perlu diinget ndak semua siswa juga bisa ngeblog (dlm arti : ndak punya sarana komputer, ndak punya uang cukup utk ngeblog, internet disebagian kalangan msh sebagai kebutuhan mewah) Yang penting bisa Balance….

  18. mungkin utk nanti kedepannya bisa dilaksanakn ya Dila, krn sekarang bukan hanya nggak ngerti soal ngeblog saja, tp koneksi internet atau juga biaya ekstra utk ke warnet dan masih banyak lagi.
    salam.

  19. bener… ada beberapa mahasiswa kerja praktek di perusahaan tempat saya bekerja pas browsing di internet lihat blog saya, katanya jadi lebih mudah dimengerti…

  20. sebagian guru di sekolahan saya sudah punya blog tapi tidak digunakan untuk KBM,dan disekolahan saya blog kurang populer tetapi fb yg populer

  21. Gurunya jago Nge – Blog, alangkah bagus jika murid – muridnya juga bisa Nge – Blog, terus nanti saling tukeran Link, pokoknya happy Nge – Blog lah.
    Thank’s for your comment in my Blog

  22. Setujuuuuuuuu, mari kita support para guru supaya segera menjadi blogger, dan bagi yang sudah supaya terus semangat…Banyak sekali tentunya manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ngeblog selain yang telah Dhila sebutkan di atas ๐Ÿ™‚

    Miss u 2 sist:)

  23. semoga ke depan semakin banyak guru yang ngeblog, dan tentunya mengisikan blog mereka dengan hal2 yang bermanfaat untuk menunjunga proses belajar mengajar.

  24. yang heboh lagi, gurunya bikin PR dalam bentuk postingan, terus muridnya ngasih jawaban di kolome komentar. dan gak boleh sama jawabannya ha ha ha

  25. selamat pagi

    saya pernah menumpai seorang dosen yang menggunakan blog sebagai media pembelajaran dan mengumpulkan tugas bagi mahasiswanya. tapi saya lupa alamatnya ๐Ÿ˜•

    di blogroll saya juga ada dua orang guru yang nge-blog, tapi masih sebatas personal blog.
    hal yang bagus

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  26. Menurut saya …
    Ada satu lagi kegunaan guru ngeblog …

    Ngeblog adalah sarana “balancing”
    Atau sarana penyeimbang suasana hati …
    Bisa curhat bisa mengeluarkan unek-unek …
    Sehingga kita bisa tetap sehat jiwa raga didepan murid-murid …

    (at least it works for me )
    (saya kan guru juga lho … walaupun yang di ajar udah pada kumisan dan ubanan ) hehehe

  27. Ping balik: Google dan ………… « CITRO MADURA

  28. setujuuu, ayo saat nya teacher goes blogging, setidaknya ngeblog lebih berbobot daripada seketar pesbukan dikantor ya hehehehee. Ya saat nya untuk menggunakan berbagai media secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Hidup Guru.

    Salam kenal, bila sempat silakan berkunjung sekedar Share Pengalaman dan Perjalanan di blog saya. Ditunggu ya kedatangannya

  29. guru ngeblog??… keren euy!! …. setuju, mariii….
    berbagi bisa melalui apa aja termasuk ngeblog, guru cerdas n gaul melalui blog… Suka ini ๐Ÿ™‚

  30. sepakat..
    saya setuju kalau guru itu sebaiknya memiliki blog..

    mungkin kalo saya jadi guru, saya akan mengajak murid-murid saya untuk menulis blog, karena banyak sekali manfaatnya.. ^^

  31. Assalamu’alaikum,

    Tulisannya menarik sekali, karena saya juga guru.
    Dengan segala keterbatasan saya mencoba ngeblog sejak akhir Agustus lalu.
    Saya mengajar di Cianjur Selatan, 45 km dari pusat kota. Akses internet sangat jelek, bahkan yang di sekolah pun sulit dimanfaatkan. Sehingga tak seorang murid pun yang punya blog.

    Terima kasih.
    Salam.

Tinggalkan Balasan

