Blogger, Maukah Kita Saling Menjaga?

Dunia maya adalah dunia yang sangat mencekam. bahkan, maaf kalau saya berlebihan, ia lebih kejam daripada dunia rimba sekalipun. dalam dunia ini kita bebas menjadi apapun yang kita mau. kita bebas berperan sebagai apapun. tiada yang melarang, tiada yang mengawasi.

9ee980a1f3bdaeec9077d193a0854db8

saya menulis ini karena saya baru saja membaca sebuah novel karya Jeffery Deaver yang berjudul ‘THE BLUE NOWHERE’ atau ‘DUNIA MAYA’ dalam bahasa Indonesia. novel ini merupakan pemberian dari seorang teman blogger yang sedang menempuh S2 Ilmu Komputer di Jogja (sebelumnya trims banyak sudah menyengajakan diri mengirim novel ini ya, Rif). novel ini menceritakan tentang seorang tahanan yang merupakan seorang hacker bernama Wyatt E. Gillette yang membantu tim dari kepolisian untuk memburu pelaku dari kasus pembunuhan berantai di California. pelaku tersebut ialah cracker (sebutan untuk orang yang menerobos situs tanpa izin dan melakukan pencurian data atau hal-hal perusakan lainnya) yang sudah tak bisa lagi membedakan mana dunia maya dan mana dunia nyata. karena telah terjebak inilah, ia menganggap sesuatu hal yang ada di dunia nyata sama seperti dunia maya. ia mencari tantangan untuk membunuh orang-orang yang dianggapnya sulit untuk dilumpuhkan. karena setelah membunuh, ia merasa puas dan point games-nya bertambah. ya, ia menganggap pembunuhan ini hanyalah permainan yang bisa membuatnya bertambah point dan mendapat peringkat pertama.

yang membuat saya ngeri dari novel ini ialah, kelakuan si-cracker yang kemudian diketahui bernama Jon P. Holloway, dalam melakukan aksinya menyelundupkan sebuah program ke dalam PC atau laptop calon korbannya dan berhasil menyadap apapun dari sana dengan program tsb. ia bisa tahu apa isi email, hasil chat, bahkan data dari komputer calon korban sendiri. ia bisa tahu segalanya, bahkan bisa menyadap hubungan telekomunikasi yang dilakukan calon korban. sehingga suatu saat ia bisa menjelma menjadi siapapun yang dikenali korban dan bisa saja membunuhnya. ia tidak ingin mengambil harta, namun hanya ingin membunuh untuk mendapatkan point. sungguh seorang psikopat dan juga sociopat.

penjelmaan diri menjadi orang lain ini disebut social engineering atau REKAYASA SOSIAL. sama seperti di dunia maya, siapa-pun bisa menjadi apa-pun. namun jika itu terjadi di dunia nyata, wuih saya jamin akan mengerikan. sebab, pernah saya menemukan orang seperti ini si dunia maya, meskipun orang yang dimaksud bukan hacker maupun cracker, namun segala jenis perekayasaan apapun jelas mengerikan.

begitulah teman-teman blogger. mungkin sebagian dari kita sedikit banyak menginformasikan hal-hal yang bersifat pribadi, siapa nama asli kita, dimana kita sekolah atau bekerja, apa saja yang kita lakukan di dunia nyata, dll. dan mungkin ada juga sebagian dari kita yang  rapat-rapat menyembunyikan identitas diri. saya pikir, apapun yang kita lakukan itu merupakan hak kita di dunia maya. mau jadi apapun, tidak ada yang melarang. mau jadi hacker, blogger, atau si-ahli SEO pun gak masalah. asal saja, jangan lakukan hal-hal yang lebih dari itu. jangan lakukan tindakan kriminal atau asusila lainnya, apalagi jika melakukan tindakan tersebut terhadap orang lain. jelas mengerikan dan membahayakan.

so, blogger, maukah kita saling menjaga di dunia maya ini?🙂

penilaian novel:

novel ini merupakan jenis novel detektive, thriller, dan sedikit misteri. namun jangan lupa juga satu hal yakni novel ini juga merupakan jenis novel scientific, jadi tak heran jika ketika kita membacanya begitu banyak istilah komputer yang ditawarkan penulisnya. istilah-istilah komputer ini juga dijelaskan cukup detail sehingga memudahkan para pembaca yang berasal dari kalangan awam.

70 thoughts on “Blogger, Maukah Kita Saling Menjaga?

  1. kalo semua saling komit menjaga dunia maya, bisa jadi seramnya akan di bawah level rimba raya.
    masalahnya selalu saja harus ada peran antagonisnya sih.. dan di dunia maya peran antagonis ini sering memenangkan pertarungan

  2. Salam,
    Hmm nice review, yup di dunia dalam bentuk apapun klo kita menjunjung norma tentunya tak akan menimbulkan masalah yang menakutkan juga kali ya, semoga…

  3. Kadang memang dimulai dari niat ber’maya-maya ria Mba, mungkin tujuan awal akan menentuka corak dan gaya performance yang maya ini. mari sama-sama menjaga agar dunia maya ini bermanfaat. saya termauk orang yang blak2an mba membuka jati diri saya di blog saya, dengan harapan agar saya tampil apa adanya sebagai interpretasi di dunai nyata, walau masih jauh berbeda, tetapi minimal saya tidak malu mencantumkan jati diri, kadang takut juga sih mencantumkannya secara lengkap takut di teror,😆

  4. nama saya di ranah maya buaannyyaak sekali
    tapi tetep konsisten dengan nama itu.
    *semoga saya tidak diciduk pulisi*

  5. sereeemm uyy, dulu gw sempet ikutan forum juga, emang ada tuh orang kaya gitu.. jd pemeran antagonis di forum tersebut. tapi ga tau deh dia di dunia aslinya..🙂

  6. iya ya sereeeemmm…. trus gimana menjaganya dhil??? hmm.. hr ini aq bnyk dpt berita menyeramkan ttg web.. duh.. gmn ya??🙄

  7. sepertinya saya pernah nonton film dng cerita hampir sama dg novel ini..tp lupa namanya.
    seyogyanya kita saling menghargai dan menghormati di dunia maya dan nyata.
    trimakasih sudah berkunjung k blog sederhana saya..

    salam, ^_^

  8. selalu ada perilaku baik dan buruk di wilayah manapun. Kita saling menjaga. Setuju sama mas Zico dimulai dari diri sendiri.
    Trims sudah berbagi ceritanya dan kunjungannya ke blog saya.
    Salam

  9. Jari-jari saya boleh saja ketak-ketik di atas keyboard, tapi kedua kaki saya tetap saja menjejak ke bumi. Pikiran saya boleh saja berkelana di dunia maya, tapi tetap saja kita harus mengasah kepekaan hati nurani untuk terus bisa membedakan mana yang asli dan yang semu.

  10. terima kasih atas reviewnya yang bagus sekali.. ^^

    Buku ini mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam memberikan informasi di dunia maya, baik itu di blog, situs jejaring sosial, atau bentuk lainnya..

    jadi, mari kita bersama-sama menjelajah THE BLUE NOWHERE dengan aman..

    salam.. ^^

  11. hi serem…😀
    tapi aku percaya koq ini urusan hati! kalo bicara otak si ya aku rasa ampir semua orang yang “ngenet” <== (maksudnya gak cuman blogger) pernah ngalamiin yang beginian! (terutama yang kegiatan ngenetnya menghasilkan uang dan kehormatan😀 )

  12. semakin banyak arus informasi yang tersedia dalam dunia maya bukan berarti harus di telan bulat2 semua, justru kita harus semakin kritis dalam menyikapinya…

    saling mengingatkan di dunia maya seperti ini sangat dibutuhkan agar gak kebablasan..
    untuk menjaga dunia maya sendiri saya gak sanggup mba, tapi kalau bersama kita siap…

    terima kasih mba dhila…^_^

  13. Salam Takzim
    Habis baca novel dan agar tetap terjaga dunia maya izin
    ngucapin
    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1430H
    Semoga pengorbanannya keterima
    Amin
    Salam Takzim Batavusqu

  14. Itulah kenapa suatu blog ada about, supaya kita saling mengenal… sayangnya terkadang isi about tidak menerangkan detil siapa pemiliknya…😀

    Blog saya sih terang2an Nenk, jauh dari sociopat… Btw, saya suka istilah socio engineering, saya pikir engineering cuma ada electrical, mechanical, atau civil….😀 Trims nenk dah berbagi….

  15. aku pernah nyobain jadi cracker, tapi cuma iseng aja mata-matain cw aku, ternyata eh ternyata, celingkuh.hahaha.

  16. Salam Takzim
    Setelah mendengar butiran-butiran hikmah Idul Adha di masjid dan di tanah lapang, mari kita aplikasikan hikmah semangat berqurban kepada sesama dan kerja keras sekeras ibunda Hajar dalam mendapatkan setetes air zam-zam
    Salam Takzim Batavusqu

  17. kunjungan siang di hari Raya Non.
    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1430 H, maaf lahir bathin,
    Semoga segala pengorbanan kita mendapat ridho dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.. Amin.

  18. Mari Kita Jaga…
    (yang ga mau jaga dunia maya tuh ya orang-orang psikopat itu ya…😀 )
    Yang jelas, nama Dunia Maya ada ditangan kita…🙂 Wesssh…. heehehe

  19. PEMBUKAAN
    selamat pagi

    ISI
    dunia maya memang terkadang mengerikan,
    harus benar2 hati-hati dan cermat dalam ber-internet-ria.
    berbagai hal di dunia maya masih saya gunakan sebagai media informasi dan hiburan.
    tapi mengerikan juga ya, kalau dunia maya bisa menjadi media yg membantu para psikopat. hii😡

    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf😮

  20. maya .. sesuatu yang tidak nyata ..
    dari pengertiannya saja, rasanya sudah cukup, harusnya, membuat kita semua jauh lebih waspada dibanding dengan kehidupan nyata, karena kita berhadapan dengan sesuatu yang kita tidak tahu pasti apa, siapa, bagaimana, di mana dan apa maksudnya.

    Cara Membuat Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s