Hipotensi

Suatu ketika, tepatnya tiga hari menjelang Ramadhan 1430 H, saya mendadak tidak bisa tidur. Sebab setiap kali tidur, kepala mendadak sakit dan dibawa keliling kampung dengan kemidi putar… dan arwah terasa melayang meninggalkan pondasinya, jauh tinggi keliling langit. Tiba-tiba perut mual dan saya harus mengalami kondisi muntah-muntah. Semakin sering saya merebahkan tubuh saya, semakin sering saya mengalami ‘fly’ seperti orang yang tengah sakau dan semakin sering saya mual dan muntah. Padahal kantuk sudah diambang batas dan badan lemas butuh istirahat. Penyakit yang aneh.

Keesokan harinya saya lantas pergi ke dokter. Setelah diperiksa, dokter tampak biasa saja. Saya hanya disuruh istirahat. Padahal buat saya penyakit ini menyusahkan sekali. Bikin orang parno sampe melayang gituh. Ternyata kata dokter saya kena penyakit darah rendah (Hipotensi) dan Maag. Seketika itu, setelah makan dan minum obat saya langsung browsing soal darah rendah dalam keaadan masih lemas berkunang-kunang.

Berikut hasil browsing saya mengenai Hipotensi (darah rendah).

Sumber: http://www.infopenyakit.com/2008/02/penyakit-darah-rendah-hipotensi.html

Penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (Penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.

Namun demikian, beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka tidak/belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.

Ya, saya memang kurang minum, kurang olahraga, dan jarang makan apalagi makan buah-buahan. Gara-gara ketahuan sakit dan badan yang mengurus, saya sempat dimarahi teman-teman se-genk. Katanya, kenapa saya terlihat semakin kurus? Kenapa saya terlihat tidak segar merona seperti dulu. akhirnya saya diceramahi agar banyak minum susu dan makan buah. Tapi belum saya jalankan nasihat mereka hingga sekarang. Bandel memang saya ini.

· Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah
Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang.
Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.

Betul, saya juga sering menguap tanpa sebab. Apalagi bisa-bisa saya tidur tanpa sebab pula. Sering lho ini terjadi jika saya sedang ada di angkutan umum. Saya pikir saya kena penyakit tidur akibat lalat tse-tse. Ternyata darah rendah. Saya memang kurang peka soal penyakit, padahal saya sering mengalami kunang-kunang jika terlalu lelah. Tapi alhamdulillah tidak pernah pingsan. Jangan sampai itu terjadi pada saya. Memalukan nanti!

· Penyebab Penyakit Darah Rendah
Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa terjadinya penurunan tensi darah, hal ini dapat dikategorikan sebagai berikut:
– Kurangnya pemompaan darah dari jantung. Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Seseorang yang memiliki kelainan/penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh organ tubuh.
– Volume (jumlah) darah berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek,haid berlebihan/abnormal), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil atau berkemih berlebihan.
– Kapasitas pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah (dilatasi) menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari
syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE).

Hmm, apakah kurangnya darah yg dipompa dari jantung kita disebabkan karena kita banyak aktifitas? Saya ini seringkali berpikir, entah apa yg dipikirkan sehingga menyebabkan stress berulang. Bahkan kemacetan yang semrawut di Jakarta saja saya pikirkan. Stress saya setiap kali pulang dari aktivitas, selalu bertemu macet penyebab stress dan sakit kepala. Serius lho ini.

· Penanganan dan Pengobatan Darah Rendah
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tekanan darah renda (hipotensi), diantaranya :
– Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat
– Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam
– Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala
– Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis
– Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian, selain itu dokter hanya akan memberikan vitamin (suport/placebo) serta beberapa saran yang dapat dilakukan bagi penderita.

Berarti sekarang saya harus sering olahraga dan makan makanan yang bergizi. Jangan malas untuk kesehatan sendiri. Semangat!!!

Mengenai image masyarakat yang sebagian besar berpikir bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi dapat meningkatkan tensi darah sebenarnya belum jelas, Namun dibenarkan kalau hal itu akan meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah. Sekali lagi harus dipahami bahwa tekanan darah rendah artinya suplai darah tidak maksimal keseluruh bagian tubuh. Haemoglobin (Hb) rendah adalah berarti bahwa kandungan Hb sebagai zat pengikat oxygen dalam darah memiliki kadar rendah yang akibatnya penderita bisa pucat (anemia), pusing (oxygen yang di angkut/suplai darah ke otak kurang), merasa cepat lelah dan sebagainya.
Dalam kasus Hipotensi yang benar-benar diperlukan pemberian obat, biasanya ada beberapa jenis obat yang biasa dipakai seperti fludrocortisone, midodrine, pyridostigmine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), caffeine dan erythropoietin.

62 thoughts on “Hipotensi

  1. bikin asinan kemarin apa dalam rangka mengobati hipotensimu dhil?
    dengan membaca artikel tulisan warna merah di atas sepertinya saya kok kadang termasuk yg hipotensi ya? lha, sampai sekarang masih melek… besok paginya nggak olah raga.. suatu kebiasaan yg buruk ya..
    terima kasih atas artikel hipotensinya ya🙂

    • hehehee… iya nihhh bun, aku bandel. baru pulang dari workshop bukannya beres2 malah mantengin kompu

      bukannya belajar dan mempersiapkan strategi, malah main twitter. hehe… makasih udah diomelin, bun.:mrgreen:

      siap laksanakan….!

  2. __SALAM PAGII…dilaa istirahat iaa kalau krg nak badanNya__

    __SALAM PAGII..semangatCIIAt…semangat buat aktifitas HAri ini iaa SAHABAT2__

  3. __dilaa maaf iaa KALAU awardnya Blum jugaa terbit__

    __AKOEBRI..lagi sedikiit disibukaan..tapi ntar pasti koe terbitkan..__

  4. met olahraga ya jeng… Lari-lari keliling komplek, kalo perlu belanja ke pasar jalan kaki aja… he.he.

    Tekanan darah saya normal, Alhamdulillah gak pernah ada masalah. Tapi beda dengan dinda bestari, kayake juga darah rendah deh. Tiap mudik pasti jujugan pertama ke warung sate kambing, katane biar gak pusing-pusing. Gak tau, bener apa gak. He.he.

    Salam,🙂

    • iya om, males take exercise nihh. harus membulatkan tekad.

      soal dinda, waah, masih mending dia tuh, masih mau dan suka makan sate kambing. klo sy kurang suka, meski kadang makan juga. well, emang males makan siih, tabiat yg buruk!

  5. mari berolah raga….
    untuk mengetahui tekanan darah rendah atau tinggi pakai acara disuntik segala ga’? aji ingin periksa nih….

  6. Wah ternyata penyakit kita sama ya Dhil, darah rendah dan maag, dan terkadang diri ini selalu lalai untuk makan tepat waktu, yang didukung pula oleh keadaan sebagai anak kosan, hiks…

    Cepat sembuh ya Dhil, jaga makan dan rajin olahraga, he he nasehatin orang bisa-bisanya yah aku ini hihi..

  7. salam kenal..
    informasi yang bermanfaat untuk di sharing kan..
    tanpa penjelasan seperti itu, orang akan mudah mengkait-kaitkan gejala itu dengan hal-hal mistis yang semakin menyesatkan..

    semoga cepat sembuh🙂

  8. Akhirnya kanglurik kembali. Kanglurik datang semua senang…

    Sekarang kita bisa tau betapa pentingnya menjaga kesehatan ya mbak. Kanglurik sampe Jakarta lagi kmaren langsung keserang Flu. Padahal esoknya Ujian lagi. Nggak enak banget lah pokoknya.

    mari hidup sehat

  9. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  10. waduhhh, gw sering mengalami hipotensi. makanya hati2 banget, karena gak enak rasanya. gak ada gairah dan super lemah. thanks for share🙂

  11. hehe..klo ini mah penyakitnya kaum hawa kebanyakan..apalagi yg aktivitasnya bejibun tp ga pernah olah raga n makannya kurang teratur..komplit sudah:mrgreen:

  12. Dulu-dulu saya juga sering bgt kena gejala hiptensi… kalau abis duduk lama pas berdiri langsung kliyeng, kepala perasaan muter ga jelas… orang sunda bilang penyakit “7 Linggut”…🙂 Solusinya ada yg bilang banyakin mengkonsumsi daging kambing… Belakangan banyak makan daging kambing yang ada tensi darah naik dan timbulah efek buruk lainnya “DarTing”…🙂 Mungkin pas lebaran kmrg kebanyakan makan apor daging…🙂

    Semoga lekas sembuh Nenk…

  13. Duh, Dila sayang, jangan sakit dong ya…………..
    sekarang sudah sembuhkah ?
    jangan apa2 di stress in, kan malah jadinya Dila sakit.
    Nikmati saja ya Dila, segala kemacetan itu ya………..:)🙂🙂
    Salam.

  14. Nah,,ini dia artikel yg saya cari..
    Makasih bgt dah bantuin googling..
    Hehe,,
    maaf yah mba,bbrapa hari ini gak bisa jalan2 di blog,jd baru bisa mampir skrg..

  15. duh,
    dahlama ga mampir kesini

    wah mb dilla
    skrg keadaanny gmana ?
    dah sehatan blum ?
    hhihihi
    hayoo,
    itu hasil browsingan kudu dijalanin
    ga boleh males mnum aer, makan buah, istirahat cukup, olahraga cukup
    hehehe ..
    +kok jadi cerewet siih+

    salam sehat mb dila ..
    hehe

  16. Salam Takzim
    Sahabat, saya mau bagi-bagi hadiah nih yang khusus buat Jeng Dhila, berupa Banjir Award Dijuemput ya !!!🙂
    Salam Takzim Batavusqu

    • Salam Takzim
      Terima kasih sudah hadir di blog saya, barangkali berkenan jika blog saya ditampilkan di dinding DUDEDUS milik jeng Dhila, agar dapat kiriman hadiah juga dari jeng Dhila kala mendapat sesuatu dari sahabat jeng Dhila, (ngarep)😆
      Salam Takzim Batavusqu

  17. Often possible to, do what I?Gets here With, a systematic manner:Know.Web hosting that, such as MP.Message Web-videos masakan, appropriate level of so many reasons.Years but never, identify the genuine.,

  18. Existence of coeliac, to do People?The skin does, Well if you.Cheaper price as, The healthy unbalance.Kind is that resep, they would go features are included.A natural mechanism, tags are useful.,

  19. Assalamualaikum mba dhila kasus x sama saya, baru aja di periksa katanya darah rendah 90/60 dan maag. Memang jadi lemas badan. Pusing. Bahkan kemaren sampai demam meriang (panas dingin) dan muntah .

    Terimakasih atas informasinya. Berarti saya harus tetap olahraga besok 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s