Kangen Kue Rangi

hmm, perasaan ini datang lagi teman. lho, perasaan apppa?? iya, perasaan kangen banget sama kue rangi! kangen! tau kue rangi? mungkin untuk warga Jakarta atau yang masa kecilnya dihabiskan di Jakarta, pernah tau dan mencicipi kue ini. dulu ketika kecil, saya sering jajan kue tradisional betawi ini. sampe2 bekal ke sekolah pun kue rangi ini. rasanya itu lho, khas banget. kue rangi ini terbuat dari adonan parutan kelapa yang dimasak dengan cara dibakar (harus dibakar dengan yah. gak boleh digoreng, gak boleh di-oven apalagi direbus, nanti malah jadi sup kelapa.m018). dan dibakarnya pun harus pake kayu bakar dan tungku, klo bisa jangan pake kompor. coz nanti gak ada harum kayu bakar yang bikin khas. setelah dibakar, kue rangi yang telah jadi pun disiram dengan saus campuran gula aren dan buah nangka yang kental dan manis. Ya Allah, nikmatnya. berikut saya akan menyajikan gambar-gambar kue rangi yang nikmat itu.🙂

 kue-rangirangi-2rangi-3 rangirangirangipicture-5032 kue rangi

Ya inilah gambar-gambar kue rangi yang saya dapat dari beberapa narasumber. sebelumnya makasih buat mbah google udah mau bantu nyariin kue ini. buat yang belum pernah nyobain penasaran nyoba gak? ini kue tradisional kita yang hampir terlupakan lho. langka. dan saya bertaruh klo kue ini udah masuk vendor elite atau cafe keren, harganya bakalan melambung tinggi. saya kadang amat menyesal ketika sekali-kalinya nemu tukang kue rangi deket rumah atau kebetulan lagi berpapasan, saya gak bisa manggil karena memang kondisi yang kurang memungkinkan. padahal jarang2 lho tukang itu. jadi pengen tau rumahnya dimana deh. entar disamperin sekalian, biar bisa beli. hehehh… dibawah ini foto tukang kue rangi yang saya maksud itu. moga kapan2 bisa ketemu sama abang itu lagi yah. mau beli kue rangi-nya. tau gak, kadang merasa bersalah klo belum beli, coz ngerasa mengurangi jatah rizkinya (pemasukannya).

rangidila

referensi gambar (terurut):

http://danudoank.blogspot.com; http://fotodedi.wordpress.com/2008/08/09/kue-rangi-betawi/; http://4.bp.blogspot.com/_blOXB91-nfQ/R74yZm09uuI/AAAAAAAAAhU/juy5uOQ58gI/s320/kue%2Brangi.JPG; http://mukhsonrofi.files.wordpress.com/2009/01/picture-5032.jpg; http://farm4.static.flickr.com/3173/3093220712_9e2bc6d609_o.jpg; http://www.tabloidharapanindah.com/imgupl/_107_0511%20(2).jpg

58 thoughts on “Kangen Kue Rangi

  1. Kue-kue tradisional yang gurih dan enak-enak harusnya tetap dilestarikan agar anak-cucu tidak kedanan hamburger,hotdog dan emprit chicken saja ya mas.

    Kalau kue mirip itu di kampung saya namanya sagon (bukan saigon lho). Ini juga sudah jarang muncul karena orang-orang sering belim kue kering di toko, lebih praktis.

    Jadi ngiler mas, kepingin ngrasain kue rangi.

    Salam hanngat dari pakde di Surabaya.

  2. duuu…….hh Dila, itu kue kesukaan saya banget,
    dari kecil sampai sekarang doyaaaa…..nnn banget,
    tapi, sekarang sudah agak susah ya, paling ada juga di Mayestik, jadi kalau pas pergi kesana , sudah pasti beli yg buanyak…..yah Dila, jadi ngiler nih………………
    salam.

  3. agh situ suka kue rangi! aku sk ma kerak telor! khas bgt+enak+yummy+delicious!
    ah! jd pengen k JKT trs langsung beli dah!
    MAMA BELIIN KERAK TELOR DONKK.. KANGEN NIE!!*triak triak ga karuan*

  4. ini sih makanan favorit saya dek.. dari jaman SD sampai sekarang masih suka beli… banyak yg jual di smrg..

    gandos kl di smrg,… murah meriah..kenyanggggg

  5. ..emmh…
    belum pernah nyobain deh… tapi untuk makanan tradisional, mungkin saya maniak dengan sale pisang😛

  6. kue rangi… ooooohhhhh……. * apa coba😆 *
    di tempatku tukang kue rangi masih suka lewat hampir tiap sore.

    btw,baru sekali kesini, salam kenal ya

    .

  7. di solo dan sekitarnya, nyamikan (kue) yg dibahas jeng dhila ini bernama sagon (pakdhe cholik yg dr surabaya jg nyebut nama ini – liat komeng di atas).
    nyamikan ini biasanya disajikan dalam acara hajatan…
    ah, jd inget kampung halaman nih…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s