Kangen Kue Rangi

hmm, perasaan ini datang lagi teman. lho, perasaan apppa?? iya, perasaan kangen banget sama kue rangi! kangen! tau kue rangi? mungkin untuk warga Jakarta atau yang masa kecilnya dihabiskan di Jakarta, pernah tau dan mencicipi kue ini. dulu ketika kecil, saya sering jajan kue tradisional betawi ini. sampe2 bekal ke sekolah pun kue rangi ini. rasanya itu lho, khas banget. kue rangi ini terbuat dari adonan parutan kelapa yang dimasak dengan cara dibakar (harus dibakar dengan yah. gak boleh digoreng, gak boleh di-oven apalagi direbus, nanti malah jadi sup kelapa.m018). dan dibakarnya pun harus pake kayu bakar dan tungku, klo bisa jangan pake kompor. coz nanti gak ada harum kayu bakar yang bikin khas. setelah dibakar, kue rangi yang telah jadi pun disiram dengan saus campuran gula aren dan buah nangka yang kental dan manis. Ya Allah, nikmatnya. berikut saya akan menyajikan gambar-gambar kue rangi yang nikmat itu. 🙂

 kue-rangirangi-2rangi-3 rangirangirangipicture-5032 kue rangi

Ya inilah gambar-gambar kue rangi yang saya dapat dari beberapa narasumber. sebelumnya makasih buat mbah google udah mau bantu nyariin kue ini. buat yang belum pernah nyobain penasaran nyoba gak? ini kue tradisional kita yang hampir terlupakan lho. langka. dan saya bertaruh klo kue ini udah masuk vendor elite atau cafe keren, harganya bakalan melambung tinggi. saya kadang amat menyesal ketika sekali-kalinya nemu tukang kue rangi deket rumah atau kebetulan lagi berpapasan, saya gak bisa manggil karena memang kondisi yang kurang memungkinkan. padahal jarang2 lho tukang itu. jadi pengen tau rumahnya dimana deh. entar disamperin sekalian, biar bisa beli. hehehh… dibawah ini foto tukang kue rangi yang saya maksud itu. moga kapan2 bisa ketemu sama abang itu lagi yah. mau beli kue rangi-nya. tau gak, kadang merasa bersalah klo belum beli, coz ngerasa mengurangi jatah rizkinya (pemasukannya).

rangidila

referensi gambar (terurut):

http://danudoank.blogspot.com; http://fotodedi.wordpress.com/2008/08/09/kue-rangi-betawi/; http://4.bp.blogspot.com/_blOXB91-nfQ/R74yZm09uuI/AAAAAAAAAhU/juy5uOQ58gI/s320/kue%2Brangi.JPG; http://mukhsonrofi.files.wordpress.com/2009/01/picture-5032.jpg; http://farm4.static.flickr.com/3173/3093220712_9e2bc6d609_o.jpg; http://www.tabloidharapanindah.com/imgupl/_107_0511%20(2).jpg