Be Creative, Be Indonesian!

Tanah airku Indonesia… Negeri elok amat kucinta.

Tanah tumpah darahku yang mulia… Yang kupuja sepanjang masa.

Tanah airku aman dan makmur… Pulau Kelapa nan amat subur.

Pulau Melati pujaan bangsa… Sejak dulu kala. (Rayuan Pulau Kelapa)

indonesiakreatif Lagu Rayuan Pulau Kelapa diatas begitu menggugah. Ah, jadi ingat masa SMP dulu ketika saya menyanyikan lagu ini bersama teman-teman lainnya yang tergabung dalam tim Aubade (tim paduan suara yang khusus menyanyikan lagu-lagu kebangsaan ketika upacara perayaan kemerdekaan di Istana Negara). Wow… dila pernah ikutan paduan suara untuk upacara di istana? Heheh, iya pernah, dulu waktu SMP (sekitar taun 2001, waktu presidennya masih Megawati, waktu itu kelas 3 SMP cawu I). Maklum, beberapa SMP dan SMA Negeri yang cukup ternama di DKI Jakarta (khususnya Jakarta Pusat) pasti diminta mengirimkan kelompok siswa untuk menjadi tim paduan suara pada upacara perayaan kemerdekaan Indonesia (17 Agustus) di istana. Eh, tapi tenang ajah, saya tidak akan bercerita soal bagaimana proses saya masuk seleksi tim paduan suara tsb juga bagaimana latihannya atau gladi resiknya atau juga lamanya kami menunggu dimulainya upacara (upacara mulai jam 9, sementara kita udah nyampe jam 6.30) bersama para satuan ABRI dan polisi. Namun lagi-lagi tulisan kali ini dibuat dalam rangka memenuhi tema yang telah disepakati creative theme day di tiap awal bulannya.

Dan tema awal bulan Agustus ini ialah, 100 % Indonesia Kreatif! Wow, Indonesia Kreatif? Yup, kreatif. Menurut teman-teman bangsa kita ini udah kreatif blum? Kalo menurut saya kita kreatif, meski belum sempurna dalam segala bidang. Mungkin sekarang kita ngomongin prestasi-prestasi kita aja kali ya. Daripada ngomongin kekurangan bangsa kita terus, capek! Hehehh….

Bangsa Indonesia ialah bangsa yang kreatif 100%! Siswa Indonesia selalu mendapat juara dunia untuk olimpiade Sains baik Matematika, Biologi atau Fisika. Olahraga Bulutangkis Indonesia pun sangat diperhitungkan, juga olahraga catur, tinju atau angkat besi. Apalagi untuk urusan internet, dinyatakan Indonesia termasuk dalam 15 besar Negara di dunia untuk pengguna internet paling aktif. Ya, ternyata meskipun termasuk Negara berkembang, untuk urusan internet bangsa kita udah canggih betul. Pengguna facebook atau blog di Indonesia pun bisa jadi merupakan jumlah pengguna terbesar di dunia. Dan percaya gak, bangsa Indonesia lebih melek teknologi informasi daripada bangsa Amerika. Ini fakta kecil-kecilan yang saya temui di lapangan lho. Hehe, padahal Cuma beberapa bule yang saya temui dan ternyata mereka memang tidak cukup kenal dengan TI. Bayangkan saya pernah diminta mengajarkan salah seorang warga USA soal bagaimana membuat slide show power point di laptopnya untuk terus berputar ter-limit waktu. Dan bayangkan juga ketika saya bicara soal facebook dengan teman USA saya dan tampaknya ia tidak begitu mengerti dengan aplikasi facebook yang ‘aneh-aneh’. Atau soal wordpress (fasilitas blog lainnya), teman saya itu pun tidak tahu tentang itu dan malah meminta saya untuk membuatkannya. Enak ajaaaa,,, bikin sendiri ah. Hehe, tentu saya tidak menjawab begitu kepadanya, namun begini: “I know you can do it!” heheh….

Saya pernah juga menonton nuansa berita di salah satu tv swasta tentang bangsa Indonesia yang memanfaatkan ilmunya sebagai IT dan komikus untuk menjual hasil karyanya di USA via internet. Yang pertama, yang saya ketahui, kalo saya tidak lupa ya, ialah mahasiswa USU *Universitas Sumatra Utara* (mungkin sekarang udah lulus kali ya) jurusan Ilmu Komputer yang memang cukup berprestasi. Ia melakukan bisnis design melalui internet dengan perusahaan di USA. Caranya ia mengirimkan karyanya lalu mungkin ada beberapa appointment dan semacamnya dan lalu deal, dan jadilah ilmunya menghasilkan uang yang lumayan. Lalu yang kedua, ialah dua orang komikus yang ternyata menjadi designer dan creator untuk sebuah komik bersambung di USA. Cara dealnya tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan mahasiswa USU tadi, yakni via internet. Wah, keren kan! Bangsa kita memang kreatif euy, Cuma kadang malesnya gede benerrr!

Seperti kata pak Arif, director PT. Petakumpet inc. yang juga penulis buku ‘JUALAN IDE SEGAR’, “nothing is impossible”. Yup, betul. Kita punya segalanya. Kita punya ide dan kreatifitas. Jadi apa yang harus ditakutkan. Apa yang harus di-rendahkan?? Apa yang harus diminderkan? Jadilah Indonesia yang kreatif 100% bahkan kalo bisa 1,000,000,000 %! Takut gak bisa?? Ah, payah deh. Pasti bisa kokk! Don’t worry… we know that we can make it!

Semangat bangsaku, semangat negeriku!

82 thoughts on “Be Creative, Be Indonesian!

  1. iya bener dhil tapi mengapa kita masih negara yang masih sering di dikte oleh mereka. kita belum bisa buat F 16 , senjata pembunuh masal yang cangih. dalam teori ekspansi siapa yang punya senjata yang cangih maka dia adalah penguasa dunia(teorinya aku bikin sendiri dink)
    tapi tunggu saja kita akan gegam dunia ini dengan kedamaian

  2. sip, saya setuju kalo orang Indonesia kreatif, melek Teknologi, tapi tidak semua seperti itu, masih perlu pengembangan dan pemerataan

    tapi semangat harus tetap ada.

    *buka site-nya ah!!!

  3. industri kreatif sekarang semakin marak.. mbak. kapan hari baca beritanya, pemerintah akan full support tumbuh dan berkembangnya industri kreatif karya anak negeri nusantara ini… 🙂

  4. mindernya itu gara-gara 350 tahun dijajah itu lho, mbak. diakui atau tidak orang-orang masih menganggap dirinya itu inferior dibanding orang-orang utara sana. secara otak sih sama aja, tapi bentuk fisik seolah mempertegas keinferioran bangsa ini…
    tapi saya pribadi sih berusaha utk selalu menyingkirkan perasaan inferior ini di depan orang-orang barat itu..

    • betul… kita selalu merasa rendah didepan org2 berkulit putih dan berbadan tinggi besar itu. padahal maaahhh … kita kadang justru lebih pintar. lagi2 kembali kepada firman Allah, bahwa manusia itu memang diciptakan dlam bentuk yg berbeda2… bersuku2 dan berbangsa2. dan prestasi kita dihadapan-Nya hanyalah sebuah ketaqwaan bukan besarnya badan kita, cantiknya fisik kita, dsb.

  5. yayaya
    sbg pemudi bangsa Indonesia!
    i’m still love my country! and don’t forget to keep our country!
    MERDEKA.. SEMANGAT 45
    kunjungan balik ni!
    tukeran link boleh ga mba?

  6. Indonesia Creative jadi tema eagle award kali ini,,benr kan? untuk menyalurkan ide2 anak bangsa,,untuk memajukan bangsa tercinta ini,,,Merdeka!!!

  7. Kalo dibandingin jeng dilla, gak banyak deh orang amrik yang bisa ngalahin. Tapi kalo dibandingin saya, hm….

    Tapi jeng dilla bener. Banyak sekali prestasi2 anak indonesia yang sederhana namun diakui dunia. Tapi sayangnya prestasi-prestasi yang semacam itu didominasi oleh kaum muda, bahkan yang masih remaja. Untuk generasi tua-tua yang sekarang berkuasa, saya belum denger tuh. Masih kalah kreatif sama anak-anak SMP. He.he.

    Oke jeng dilla. Bulan lalu saya dah daftar di CTD, kok namaku gak muncul2 YA? Gak jadi ikutan posting deh… Hi.hi.

    • hehehh, bisa ajah om kojeng inih. semoga akan selalu begitu ya. amin! coz saya gak mau rendah dibandingin mereka yg seringkali mengambil kekayaan kita. rasa percaya diri dan kecerdasan kita pun juga gak boleh diambil lah.

      umm… menurut dila yah, generasi tua juga sebenarnya banyak berkontribusi kok. cuma memang gak mendominasi media massa kayak anak2 muda. :mrgreen:

      ooh udah ikutan yah? trus gak muncul di daftarnya?? coba tanya ke panitia CTD-nya om. ayo, saya juga mau liat tulisan om kojeng soal ini… semangat!!

  8. Be Creative, Be Indonesian !

    Menggugah bgt judulnya Nenk… sama kayak slogan TOYOTA, kalau engga salah ya, Inovasi atau Mati… Pada saat perusahaan lainnya (sejenis) kolaps mereka malah membuka gerai-gerai baru didunia…

    Kreatifitas dan konsistensi tentunya, karna malas itu ternyata sering jadi penghalang… bener tak nenk?

  9. hadddiiirrr….
    malam mingguan menyambangi sobatku sayang
    Hhh.., gara-gara ga bisa pulang neh….

    iya iya.. duh semangetnya yang ikut lomba 🙂
    cayoo cayoo… kamu bisa…!
    cu…

  10. Seneng ya bs punya bxk teman bule. . blog ini terasa hangat dan berbau nasionalisme (apaan tuh, ane jg gk ngerti) upacara aj Aq gk prnah ikut. . Aq orang malas. . jd minder bca yg ini

    • gak banyak temen bule yg aku punya. cuma dikit bgt. tapi aku harap aku bisa punya lebih banyak lagi. amiin. dan aku harap aku bisa main2 ke rumah mereka di luar negeri sana.

      soal upacara aku juga gak terlalu suka. apalagi dgn hal2 yg berbau ceremonial. tapi itu kan gara2 aku ikutan paduan suara, rio. jadi aku ikutan upacara di istana gituh.

  11. wah..ga nyangka dhila pernah ikutan paduan suara jg?!ampe nyanyi di istana lagi.. Iya ngomongin ttg negeri qt tercinta emang sangat disayangkan yah klo qt msh jd bangsa yg begini2 aja hhehe..pdhal potensi qt banyak bgt!!!trmsuk msalah IT n ilmu sains lainnya qt patut diacungi jempol.Mungkin mental bangsanya kali ya yg perlu diperbaiki…

  12. Ping balik: Creative Theme Day #3 : 100% Indonesia Kreatif! - Creative Theme Day

  13. orang bule nggak ngerti software soalnya harganya mahal maklum original….kalo disini kan…. 😀 tapi justru itu keuntungannya hehehe…

    bangsa kita emang nggak kalah kok…

  14. oh, saya percaya koq kalo orang indonesia itu kreatif. menang di olimpiade ilmiah itu salah satu buktinya. dan kalo sempat nonton acara PBAS dulu, saya tambah percaya kalo banyak bibit2 potensial di negri kita…

    btw, koq postingan ini berbau sejenis award ya?

  15. setuju Mbak Dila, bangsa kita memang bangsa yg kreatif,
    namun sayangnya masih ada beberapa sektor yg masih ”menerima” pendiktean dr negara yg merasa jadi ”polisi dunia”.
    semoga secepatnya ada perubahan ke arah yg lebih dan lebih kreatif lagi,
    dimulai dr diri kita sendiri, seperti Dila yg sudah sangat kreatif menuliskan artikel ini.
    salam.

  16. satu lagi, seorang tunanetra yang demen dengan komputer menjadi seorang ilustrator musik untuk game perusahaan nintendo!

    banyak hal yang membuktikan kalo sebenernya saya, kamu, kita, dan Indonesia itu BISA!

    *kereeen bisa jadi paduan suara di istana!

    • wow… betul tuh. keren seorang tunanetra itu.
      dan memang banyak hal yang membuktikan bahwa Indonesia BISA!! :mrgreen:

      *kereeeeeennn apaaaanyyyaaah?? cuma nyanyi duank. itu juga di trotoar depan istana. coz lapangan istana udah penuh sama tamu undangan.

  17. mudah2an kita maju teknologi tapi mudah2an kita tidak buta akhlak. kaena jelas manusia bila ditutupi matanya dengan dolar pasti hatinya juga ditutup. tapi mudah2an anak bangsa yang berprestasi tidak meluapakan siapa yang menciptakan dia pintar.
    amin

Tinggalkan Balasan

