Antara Rahasia Meede dan Kota Tua

Saya jatuh cinta lagim055 . Novel itu membuat saya jatuh cinta pada kecerdasan salah satu tokohnya. Novel karya E.S. ITO yang berjudul RAHASIA MEEDE membuat saya jatuh hati pada Attar Malaka alias Kalek yang digambarkan sebagai seorang cerdas dan anarkis. Jadi ingat dulu ketika saya mengalami perasaan yang sama seperti saat ini. Fahri dalam AYAT-AYAT CINTA karya kang Abik, Elly dalam AREA-X karya Eliza V. Handayani, Don dan Rekha dalam MUMI LEGENDA karya Efi F. Arifin, juga pastinya Conan Edogawa alias Sinichi Kudo dalam komik serial DETEKTIF CONAN karya . Saya senang dengan novel yang menawarkan kecerdasan dalam meramu dan menggambarkan pengetahuan sehingga tidak berlebihan jika saya bilang saya jatuh hati dengan tokohnya. Penulis-penulis fiksi yang saya sebut tadi berhasil membuat saya simpati dengan karya mereka. Luar biasa.

Hmm, kayaknya saya mau jalan-jalan lagi ke Kota Tua selepas membaca novel ini. justru saya baru bisa paham dan bergairah dengan sejarah Kota Tua dari novel ini dan bukan dari tulisan-tulisan dalam museum atau prasasti. Literatur sejarah memang memiliki peran penting jika kita akan dan ingin mengunjungi suatu situs dan objek sejarah. Untuk melihat secara lengkap resensi saya untuk novel ini, teman-teman bisa mampir ke www.bukubaru.net

Announcement

Assalamu’alaikum wr. wb.

Kepada teman2, mohon maaf jika sejak hari ini dan hingga beberapa hari kemudian saya tidak main ke blog teman2. dikarenakan ada hal yang lebih prioritas dan saya harus memprioritaskan hal tsb. Mohon maklum yah. Namun teman, meski saya tidak bisa pegang blog selama beberapa waktu ini, insya Allah tetap akan ada postingan saya yang terbaru yang akan muncul dalam jeda seminggu kedepan. Sebab saya telah menjadwal postingan tsb utk terbit di kemudian hari meski saya sedang tidak bisa blogging sekalipun. Sekali lagi, mohon maaf dan trims. 😉

NB. info bahwa telah terjadi kebakaran di Kp. Pemulung (Desa Binaan LDK UIN Syahid) dgn alamat Jl. Jambu Desa Pisangan Ciputat. Korban mencapai 55 KK (sekitar 300 orang). Bagi yang ingin membantu, bisa menyumbangkan dana di:

Bank Muamalat Indonesia No.Rek. 9169833999, A.N. Ashbah Pratama

Wassalam.

Award Lagi *Pasopati* Namanya

081209_1204_awardpasopa12 jiaah. akhirnya setelah gak dapet award PASOPATI dari pakde Cholik, dan Bunda,  akhirnya saya pun dapat award PASOPATI ini dari teman baik saya, Finda dan om kojeng.

Finda, ialah salah satu teman baik saya beda fakultas di kampus *tapi masih satu UKM, ya gak fin. hoho*. nah ini dia nih salah satu teman yang berhasil saya pengaruhi utk ikutan ngeblog setelah sebelumnya ada Ulfatun Ni’mah yang juga adik saya, Faathimah Ummu Abdillah yang kayaknya blum updaet blog tuh, kak Uut, Selamet Fadillah yang udah punya blog baru, Zamal Firdaus yang sampe sekarang gak pernah ngasih tau blog-nya dan Rizki Romdoni yang sudah memutuskan utk gak ngeblog lagi. tapi yang malah eksis di dunia blogger sekarang tetep Finda. ya gak fin, hoho. *btw, kangen nih. kapan kita syuro bareng lagi? kita berdua kan divisi acara gittuuu… hehe* *dan fin, satu lagmeski ketularan hobby baik, yakni blogging, dari aku. jgn juga ketularan kebiasaan burukku yg suka lalai gara2 blog yah fin* 🙂

om kojeng juga salah satu teman baik saya di dunia blogger. saya jadi teman pertamanya dia hehe. jadi tersanjung temenan sama bollger yg tulisan2nya luar biasa kayak tulisan2 om kojeng. makanya gak heran klo saya suka main ke blog om kojeng. enak dibaca tulisannya. :mrgreen:

Tapi ternyata untuk menerima award ini, ada syarat-syarat yang mesti dijalankan. Berikut syarat-syaratnya :

Para sahabat yang menerima Award ini diharuskan untuk membagikan kembali Award ini kepada 10 (sepuluh) orang temannya. Dan selanjutnya si penerima juga harus meletakkan link-link berikut ini di blog atau link sahabat dan langsung mengunjungi 10 orang di bawah ini:

1. Ifoell-Blog Anak Bangsa
2. Babeh
3. Babesajabu
4. Dinoyudha
5. Abdul Cholik
6. Kolojengking
7. Perigitua
8. Diah Pramesti
9. Finda
10. Fadhilatul Muharram

Menurut si pemberi award, aturan mainnya adalah sebagai berikut:

* Hapus Peserta Nomor 1 Dari Daftar Di Atas.
* Masukkan Link Anda Di Posisi Ke-10
* Semua peserta naik 1 level
* Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, dst.

Harap diingat, para sahabat semua harus fair dalam menjalankannya. Jika setiap penerima award mampu memberikan lagi award ini kepada 5 orang saja dan mereka semua mengerjakannya dengan baik, maka jumlah backlink yang akan didapat sbb:

Ketika anda pada posisi 10, jumlah backlink = 1
* Posisi 9, jumlah backlink = 5
* Posisi 8, jumlah backlink = 25
* Posisi 7, jumlah backlink = 125
* Posisi 6, jumlah backlink = 625
* Posisi 5, jumlah backlink = 3,125
* Posisi 4, jumlah backlink = 15,625
* Posisi 3, jumlah backlink = 78,125
* Posisi 2, jumlah backlink = 390,625
* Posisi 1, jumlah backlink = 1,953,125

Dan semuanya menggunakan kata kunci yang anda inginkan. Dari sisi SEO anda sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung web para downline anda mengklik link itu, anda juga mendapatkan traffic tambahan.

dan sekarang 10 orang yang beruntung yg mau saya kasih award adalah…… lihat list dibawah ini:m069

ya.. nama2 diatas adalah penerima award dari saya. mohon dijalankan yah tugasnya. :mrgreen:

PS. dan postingan ini mendukung pencarian blogpreneur sejati. :mrgreen:

Tukang Sayur itu Panutan yang Hampir Terlindas Zaman

Note: sebelumnya tulisan ini saya buat untuk memenuhi blog contest yang diadakan Dinda Watson bersama rekan-rekannya. Bagi yang mau tau info soal contestnya, silahkan klik disini.

***

Ketika itu saya kembali bertemu dengan kakek tukang sayur favorit saya. Saya menghampiri beliau dengan senyum terurai.

“Assalamu’alaikum, Pak.” Sapa saya menghampirinya.

“Wa’alaikum salam. Siapa ya?” Tanya pak Sugeng (nama tukang sayur itu) keheranan. Sementara saya tersenyum. Ah, wajarlah jika saya memang terlupakan dalam ingatan tukang sayur berwajah teduh itu. Saya memang hampir tidak pernah menyambangi pasar apalagi sejak sibuk dengan tugas akhir kuliah, saya sudah tidak lagi indekos di area sekitar kampus. Lagipula saya tak ingin diingat, mendapat senyuman dan wejangan kakek tua itu saja sudah cukup membuat saya senang luar biasa.

“Saya Dila, Pak. Dulu pernah wawancara bapak sama teman saya.”

“Oh iya-iya. Gimana kabarnya? Sekarang sibuk apa?”

“Sekarang udah lulus pak. Bentar lagi mau wisuda.” Jawab saya tanpa melepas senyum. Ketika saya menyambangi warung sayurnya ketika itu saya memang tengah menanti hari wisuda saya.

“Ooh. Sukses ya. Semoga… ” Kakek tukang sayur itu langsung melanjutkan doa dan harapannya untuk saya. Wah, jelas saya senang mendengar ini. Ya Rabb, moga apa yang didoakan tukang sayur itu, terkabulkan oleh-Mu. Amin!

P8220009 Sederhana dan taat. Itulah yang membuat saya tertarik dengan kakek tukang sayur itu. setiap kali melewati warung sayurnya di waktu sholat, saya selalu mendapatkan potongan kardus bertuliskan ‘SEDANG SHOLAT’ dengan sayur-sayuran yang dibiarkan begitu saja. Sementara tukang dagang lainnya tidak semua seperti kakek tua ini.

Akhirnya setelah saya mengamatinya selama beberapa hari, saya pun mewawancarai dirinya. sebelumnya sih minta bantuan teman baik untuk mau jadi reporternya. Kalo tidak begini kan saya jadi tidak tau kisah hidup lelaki tua itu.

Namanya Muhammad Sugeng, berusia sekitar 60 tahun. Ia mengaku telah lama berjualan sayur di area BBS dekat komplek dosen UIN Ciputat. Ada banyak hal yang dikisahkannya, namun semua kisah tersebut mengacu hanya kepada satu kesimpulan yakni: percaya dan yakin kepada Tuhan. Karena jika tangan Tuhan sudah berkuasa, tidak ada hal yang menjadi tidak mungkin.

Sebagai tukang sayur tentu wajar jika ia memiliki uang yang pas-pasan untuk menafkahi keluarganya. Namun hebatnya kakek Sugeng ini, meski hanya punya uang pas-pasan, namun tidak dengan cita-cita dan harapannya. Ia hidup dengan mimpi dan jiwa yang besar. Berbagai ujian yang dihadapinya dihadapi dengan sabar dan bijak. Suatu ketika istrinya melahirkan anak pertama, namun sayang ketika itu ia harus dihadapkan dua pilihan sulit. Bidan memberi tahu bahwa ia harus memilih anak pertama atau istrinya yang diselamatkan. Goncangan batinnya kala itu memaksa ia harus tetap tenang. Akhirnya ia pun lebih memilih istrinya yang diselamatkan dengan harapan istri tercintanya itu bisa melahirkan buah hati yang berikutnya nanti. Walhasil, sekarang ia memiliki 3 buah hati yang, alhamdulillah, sukses. Dua menjadi bidan dan satu lagi menjadi arsitek. Luar biasa. Butuh usaha yang keras dan ibadah yang kuat dalam membesarkan anak yang sukses.

Satu lagi cita-cita mulia yang sekarang ini telah terwujud. Ia bercerita jika sebelum menikah dulu, ia ingin sekali memiliki rumah yang bersebelahan atau berhadapan atau setidaknya berdekatan dengan masjid. Teman-teman tahu rumahnya saat ini seperti apa? Ia tidak tinggal di rumah yang besar. Lingkungan rumahnya hanyalah sebuah gang kecil yang terdiri atas kos-kosan dan kontrakan mahasiswa. Namun teman-teman, jiwa dan mimpinya yang mulia mampu menjadikan rumah kecil itu begitu indah.

Ketika ia berhasil membeli sebidang tanah dan membangun rumah di atasnya, ia berpikir sejenak. Tentang rumahnya yang telah jadi dan anggapan dirinya tentang rumah itu yang terlalu besar. Sekali lagi saya katakan, rumah itu tidak lebih dari tipe 21 di sebuah perumahan. Namun saat itu ia sangat berkeinginan membagi bidang rumahnya untuk didirikan sebuah masjid kecil di lingkungannya. Ia pun berdiskusi dengan istri tercintanya. Dan alhamdulillah, keinginannya di-iya-kan oleh istrinya. Maka dengan begitu ia pun langsung mendirikan masjid kecil tepat disamping rumahnya. Masjid yang berada satu pagar dengan rumahnya. Masjid yang tidak tampak seperti masjid karena kecilnya ruangan namun selalu ramai dikunjungi oleh para tetangga dan mahasiswa yang ada di lingkungannya. Ketika saya tanya, “Berarti Masjid itu milik Bapak?” Kakek Sugeng menjawab dengan arif, “Bukan, masjid itu sudah saya wakafkan untuk lingkungan rumah saya”

Saya pun menatap beliau penuh haru. Luar biasa pribadi kakek ini. tanpa sadar ia sudah mampu membuktikan bahwa tidak ada yang mungkin di dunia ini. Sebesar apapun cita-cita kita, jika kita berusaha sepenuh hati dengan ikhlas maka hasilnya akan terwujud dengan sempurna sesuai dengan apa yang kita usahakan.

Ketika itu ia bilang, “hidup ini harus punya prinsip dan harus ikhlas, karena hanya dengan keikhlasan hidup kita yang sulit akan menjadi mudah.” Dan dia berpesan kepada kami agar menjadi generasi muda yang memiliki pegangan kuat dan pandangan yang luas serta jangan cepat menyerah.

P8220007

Marhaban Ya Ramadhan

MARHABAN YAA RAMADHAN

MARHABAN YAA RAMADHAN

MARHABAN YAA RAMADHAN

MARHABAN YAA RAMADHAN

*** SELAMAT DATANG BULAN RAMADHAN

SELAMAT DATANG BULAN YANG SUCI

SELAMAT DATANG BULAN YANG INDAH

PENUH DENGAN RAHMAT BERKAH

RAMADHAN BULAN PILIHAN

RAMADHAN BULAN MENSUCIKAN

RAMADAHAN BERSERAH DIRI

INTROSPEKSI MUHASABAH DIRI

SABAR DIRI MENJADI KUNCI

MENAHAN DIRI MENJADI KUNCI

LAPAR DAHAGA MENJADI KUNCI

TAAT KITA PADA ILLAHI

BATIN KITA MENJADI KUNCI

LAHIR KITA MENJADI KUNCI

HIDUP KITA MENJADI KUNCI

TAAT KITA PADA ILLAHI

REFF

BERPUASA SEBULAN LAMANYA [ MARHABAN YAA RAMADHAN ]

DEKATKAN DIRI KITA PADANYA [ MARHABAN YAA RAMADHAN ]

KEMBALI KE ***

“ WAHAI ORANG ORANG YANG BERIMAN DIWAJIBKAN ATAS KAMU BERPUASA, SEPERTI TELAH DIWAJIBKAN KEPADA ORANG ORANG SEBELUM KAMU AGAR KAMU BERTAQWA ’’

Song By. Ebith beat A

PS. klik disini