A and An

A or an can be precede only singular count nouns; they mean one. They can be used in a general statement or to introduce a subject which has not been previously mentioned.

  • A baseball is round. (general—means all baseballs)
  • I saw a boy in the street. (We don’t know which boy)

An is used before words that begin with a vowel sound. A is used before words that begin with a consonant sound.

Example:

A book an apple

Some words can be confusing because the spelling does not indicate the pronunciation.

  • A house (begins with a consonant sound)
  • An hour (begins with a vowel sound)
  • A university (begins with a consonant sound)
  • An umbrella (begins with a vowel sound)

The following words begin with a consonant sound and thus must always be precede by a.

European; eulogy; euphemism; eucalyptus;

house; home; heavy; half;

uniform; university; universal; union

The following words begin with a vowel sound and thus must always be precede by an.

hour; heir; herbal; honor;

uncle; umbrella; unnatural; understanding

the initial sound of the word that immediately follows the indefinite article will determine whether it should be a or an.

an umbrella; a white umbrella

an hour; a white hour

Wisuda Bareng WALI BAND

‘Committed to Better Indonesia’

motto diatas merupakan tema sentral dari Wisuda ke-76 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Sabtu, 25 Juli 2009 M / 3 Sya’ban 1430 H. ya, karena akhir-akhir ini Indonesia sering dapat musibah mulai dari kecelakaan pesawat sampai Bom Mega Kuningan, maka tema diatas tadi dirasa pantas. ya, sebagai warga negara Indonesia yang baik, mari kita berkomitmen untuk menjadikan Indonesia lebih baik!

shubuh datang di 25 Juli 2009, hari wisuda ini. sementara saya belum mampu bangkit dari tidur. bukan kantuk yang saya rasa sebenarnya. namun keringat dingin dan ngilunya tulang yang membuat saya lemas seluruh badan menyebabkan rasa enggan bangun ini. mungkin juga ini akibat obat dokter yang semalam saya minum, efek biusnya belum hilang kali ya. namun saya tetap mencoba menyadarkan diri, sebab hari ini hari bersejarah buat saya dan tidak mungkin saya harus bolos wisuda cuma gara-gara sakit ringan begini.

S4021574 akhirnya, kami berada di Auditorium Utama UIN SyaHid. sebuah ruangan paling besar yang hanya digunakan  untuk acara-acara istimewa seperti wisuda. ruangan ini terasa sesak dan panas, padahal gede banget lho. ya maklum ajah sekarang UIN telah memecahkan rekor dengan meluluskan 933 wisudawan-wisudawati. keringat dingin masih bertahan di pori-pori. sementara suhu badan saya yang kadang panas dan dingin berebut menguasai kulit. dalam hati saya berkata, ”jangan pingsan… jangan pingsan!” dan beruntung saya tidak pingsan hingga ceremonial wisuda dimulai. Pdelman datang dengan membawa tongkat kebesaran UIN Syarif Hidayatullah diikuti Rektor Prof. Dr. Komaruddin Hidayat beserta Purek, Dekan, dan Guru Besar dari setiap fakultas. saya merinding ketika mereka berjalan ber-iringan begitu, rasanya campur aduk ada bangga, haru, kagum, terpana dan heran karena merasa prosesi wisuda ini rasa-rasanya mirip dengan upacara misa atau adat ummat kristiani di Vatican.

masih lemes dengan keringat dingin hingga prosesi wisuda untuk fakultas saya, Fakultas Adab dan Humaniora tiba. saya bersama teman-teman se-fakultas berdiri gagah. siap-siap mendapat senyuman manis dari pak rektor komeng eh pak Komar, sorry. hehe. oh iya, wisudawan terbaik saat ini ialah wisudawan dari fakultas saya lhoooo! namanya Siti Muizah dari prodi Bahasa dan Sastra Arab dengan IPK 3,95! wow! saya ikut bangga meski sebenarnya agak ngiri. maklumlah seorang bodoh yang cuma dapet IPK tiga koma sekian namun gak cum laude kayak saya ini, emang cuma bisa gigit jari ajah. namun seperti kata d’masive, syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah!

oke, saya sudah dilantik dan merasa lega menerima senyum manis dari pak rektor juga ucapan selamat yang ramah dan pak dekan. kemudian saya bersama teman-teman fakultas duduk kembali menunggu giliran teman-teman fakultas lain dilantik. maklum, fakultas saya mendapat giliran kedua pelantikan. jadi lumayan enaklah. dan setelah 6 fakultas mendapat giliran pelantikan, rektor istirahat sementara. soalnya mindahin kunciran kepala toga punya 933 wisudawan pegel banget bowww! ya kan. nahhh, pas disini nih WALI beraksi. lumayan kaget juga soalnya ada salah satu personil WALI (gitarisnya) yang bernama Aan Kurniawan (Apoy) dari jurusan Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial ikut diwisuda sabtu ini. akhirnya WALI yang personilnya emang alumni UIN semua ini sempet manggung di acara wisuda. saya yang masih lemas hanya bisa memasang tampang capek, soalnya prosesi wisuda yang harusnya hikmat malah bikin para wisudawan foto-foto, nyanyi2 gituh. padahal hp dan kamera harus mati. bahkan tertawa saja tidak diperbolehkan. tapi apa daya, namanya juga manusia. ya gak. hehe.

oke, WALI selesai tampil dan lanjut ke prosesi pelantikan wisuda yang tersisa yakni 4 fakultas dan sekolah pascasarjana. kemudian setelah itu, giliran pembacaan prasetya sarjana oleh 11 wisudawan-wisudawati terbaik. kami berdiri kembali sambil mengikuti 3 point prasetya yang dibacakan tsb. dan oke, itu selesai. lanjut ke pidato dari salah satu alumni UIN. dan yang terpilih untuk pidato saat itu ialah (yang jelas bukan saya), Apoy sang Guitarist WALI BAND. hehe, kalo wisuda ke-74 di bulan Januari 2009 kemarin, Yusuf Mansyur yang diwisuda dan disuruh pidato, sekarang Apoy WALI yang dapat giliran itu. emang UIN diam2 full ngartist! hohooo.

oke, Apoy selesai pidato, dan giliran pak Komar pidato nih. wah, seneng deh bisa liat beliau, meski sebenarnya jauh jauh hari saya pernah foto bareng sama beliau. senang kan? oke, pak Komar selesai pidato. lanjut ke pembacaan doa dan penutupan sidang terbuka wisuda. setelah itu bisa ditebak, pdelman menghentakkan tongkat kebesaran UIN Sayrif Hidayatullah untuk menjemput Rektor, Purek, Dekan dan Guru Besar keluar auditorium utama. dan setelah itu, kami pun ikut keluar. haaah dan ternyata kami mengalami sesak napas ketika berjalan menuju pintu keluar. bayangkan saja, serasa selebritis kami dihadang ribuan pengunjung yang sekedar ingin memberi ucapan selamat atau bunga. saya makin merasa panas dan lemas luar biasa. tapi saya terpaksa keluar demi mencari ayah ibu yang entah dimana ketika itu.

nur-dila-mika oke, pencarian ayah ibu dan foto bersama keluarga selesai. kemudian saya langsung menuju fakultas karena teman-teman jurusan baik yang sudah dan belum wisuda telah berada disana. ah senangnya. apalagi ketika datang saya disambut bak pahlawan kesiangan. hohoo, prosesi yang mengharukan. apalagi ketika itu saya langsung menerima buket-buket  bunga mawar. senangya. dan seketika saya lupa kalau saya sedang sakit.

dan oke, sesi foto2 selesai. saya ingat kalau belum sholat zuhur. jadi zuhur dulu deh. trus langsung pulang ke rumah di tengah hujan yang mengguyur Ciputat.

Ketika Saya Punya Rasa

setiap hari saya bertemu dengan orang cerdas. di rumah, di jalan, di angkot, di bus kota, di kampus, di kantor, bahkan di dunia virtual ini. setiap hari pula saya selalu memandang mereka dengan excited, entah itu secara langsung atau hanya lewat tulisan2 yang dibuat. excited disini berarti terpesonakan, mengharukan dan menyedihkan, termotivasi, atau bahkan menimbulkan rasa benci. ya, seringkali saya terpesona dengan orang-orang yang menurut saya cerdas, tidak berhenti bibir saya mengucap kata kagum. sampai-sampai saking terpesonanya saya menangis, mungkin itu yang disebut mengharukan dan menyedihkanm003 . ada-ada aja ya? tapi ya memang begitu kenyataannya. kadang hati saya merasa sakit teriris-iris sampai merasa sakiit sekali m147 , hohooo lebay yup. iya, sakit karena benci-iri-dengki melihat orang-orang cerdas itu. meski memang kadang saya termotivasi.

orang-orang cerdas ini beragam. hampir semua orang yang saya temui adalah orang cerdas. teman-teman baik saya ialah orang cerdas semua. atasan dan senior bahkan klien yang ada di kantor juga bukan orang sembarangan. khususnya teman-teman dunia virtual saya, baik yang ada di situs jejaring sosial (FB & Twitter) juga teman-teman blogger disini, adalah orang cerdas luar biasa yang pernah saya temui. You bewitched me!!

saya iri dengan kalian. cuma itu sebenarnya yang ingin saya ungkapkan. kadang saya merasa jauuuhhhh sekali dari posisi teman2. kalian telah melambung ke planet merkurius dan sebentar lagi mencapai matahari. sementara saya masih di bumi dan belum mencapai bulan. betapa indahnya Allah yang menciptakan hamba-hamba-Nya dengan hanya dari setetes mani yang kemudian menjadi segumpal darah. dan betapa bejatnya rasa iri saya ini terhadap sesama ciptaan-Nya. hanya saja… saya merasa tidak memiliki manfaat dan kecerdasan seperti orang-orang yang saya temui itu. woaaa… mudah sekali ya krisis kepercayaan itu timbul. ini memang epidemi yang suka kambuh dalam jiwa manusia.

terkadang pula saya menghitung ada berapa orang cerdas yang saya temui setiap harinya. saya menghitung dan menghitung untuk kemudian berpikir dan bertanya, “sebegini banyak orang cerdas yang ada di Indonesia, tetapi kenapa negeri ini masih saja terpuruk yah?? APA YANG SALAH?!! SIAPA YANG HARUS BERTANGGUNG JAWAB?! Dan tindakan apa yang bisa kita lakukan??” Sayangnya saya hanya bertemu dengan tanya dan bukan jawaban. oohh, it’s so miserable!

ya sudahlah, daripada mikirin pertanyaan saya yang aneh itu, mending sekarang saya mulai pemberian awards buat semua teman-teman blogger saya. awards ini saya dapat dari deee2, bunda, yuli dan hmm sapa lagi yak, kayaknya dari kang casrudi juga ada (tuh kan saking kelamaan ngerjain tugasnya jadi lupa siapa yg ngasih. maap yah klo ada nama sang pemberi yang tidak disebutkan). untuk smua teman-teman blogger  saya yang pastinya dapat awards ini, maaf bukannya tak mau menyebutkan nama-namanya, tetapi terlalu banyak, saya capek klo nulis banyak nama itu lagian nanti tulisan ini akan makin panjang saja. AWARDS INI BUAT SEMUA TEMAN2 BLOGGER SAYA. awards ini merupakan bentuk ucapan terima kasih saya kepada teman2 semua. trims udah mau menjadi teman blogger saya. trims udah mau berkunjung dan membaca curhatan kosong dan tulisan2 aneh yang pernah saya buat. trims udah mau berbagi dan trims atas pertemanan inim054 .awards-nya ada di bawah yah, ambil ajah. oia, soal kecerdasan… saya akan selalu berusaha untuk menjadi orang yang bermanfaat dan berkah bagi seluruh alam meski pastinya tidak sesempurna seperti rasulullah SAW kita. keep on fighting!! m005

award_fadhilapersahabatan-by-fadhila

tutorit_friendship_awardfriendly-blogger-2009awwardaward1-hennyaward3-hennyaward2-hennyaward4-henny

e-x-p-l-o-d-e-!

EXPLODE !!!

ya, MELEDAK!!! lagi-lagi Jakarta diguncang ledakan hari ini (Jumat, 17/7/09). tidak tanggung-tanggung, ada 4 ledakan yang terjadi. dua ledakan pertama ialah ledakan BOM yang terjadi di Hotel J.W. Mariott dan Hotel Ritz Carlton yang berada di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. sedangkan dua ledakan berikutnya tampaknya bukan ledakan bom. dua ledakan ini terjadi di SPBU Pertamina di Mampang dan satu lagi di (klo gak salah) Muara Angke yang disebabkan oleh terbakarnya sebuah mobil.

saya sedih – terkejut – prihatin dengan kejadian ini khususnya untuk ledakan yang terjadi di dua hotel bintang lima tadi. entah karena apa ini terjadi. entah disebabkan oleh ledakan bom bunuh diri sepeti yang dilansir berbagai media saat ini. memang sih, tadi ketika saya menonton tayangan di salah satu tv swasta, ditampilkan CCTV dari salah satu hotel yang menayangkan adanya seseorang yang dicurigai. seseorang berjenis kelamin laki-laki tersebut berpostur tinggi besar dengan membawa tas ransel yang digendong di dadanya dan koper yang dipegang oleh tangan kanannya. tampak laki-laki tersebut memegang tas sambil masuk menuju restaurant. dan selang sekitar 30-40 detik setelah laki-laki tsb masuk, restaurant pun meledak. tampak asap putih memenuhi layar CCTV.

hmm, entah siapa laki-laki itu m083. entah ia disebut sebagai teroris atau apalah. sebenarnya dari gerak-geriknya (jika diamati) memang agak mencurigakan. ia berjalan dengan menggendong tas di depan, bukan di belakang. memangnya ia lagi di terminal?? takut kecopetan begituh? itu pertama ya. namun yang namanya di hotel, kebiasaan pengunjung dalam membawa tas memang beda-beda. mungkin juga orang tsb terbiasa menggendong tas di depan. lalu yang kedua, entah dari mana ia berjalan menuju restaurant. apakah memang ia merupakan pengunjung yang menginap kemudian ingin check up? jika memang begitu berarti ia berjalan dari kamarnya. memang kebiasaan pengunjung yang ingin check up pagi-pagi, untuk mengambil jatah breakfast-nya terlebih dahulu sebelum menyelesaikan urusan administrasi.

lalu, dikabarkan bom meledak sekitar pukul 7.40 pagi. situasi di restaurant hotel pasti masih ramai jam segitu. soalnya biasanya jam breakfast itu dibuka sejak pukul 6 sampai 8.30. lho, kok dila tau jam buka restaurant hotel?? heheh, kebetulan memang saya mantan CS alias cleaning service hotel. hohooo bo-ong deng. yaa, jelek-jelek begini saya kebetulan pernah menginap beberapa kali di hotel yang cukup berkelas (meski mentok sampe bintang 4, belum ke bintang 5). jadi dikit2 tau-lah kapan jam breakfast restaurant hotel. lho, emang sapa yg bayarin lo nginep di hotel, dil? hehe, tenang teman. saya belum cukup gila untuk menghabiskan uang saya cuma untuk nginep di sebuah kamar. keluarga saya pun belum mampu untuk membiayai saya tinggal di hotel yang harganya cuma bisa bikin bengong. kebetulan lagi, dan sapa lagi, kalo bukan kantor yang bayarin. ya gak? hohooo…

oke, balik ke fokus tema tulisan ini. soal siapa pelaku peledakan tsb. saya masih berspekulasi. lihat dibawah spekulasi-spekulasi saya:

  1. bisa jadi ia merupakan orang yang terobsesi menjadi syuhada dengan melakukan bom bunuh diri. (aduh mas, kalo mau jihad, jangan gini donk caranya. picik banget sih!)
  2. bisa jadi ia merupakan orang yang tidak suka dengan Manchester United yang dikabarkan akan datang ke Indonesia. makanya ia meledakkan hotel yang dilansir akan menjadi tempat penginapan punggawa red devil selama di Indonesia itu.
  3. bisa jadi ia cuma orang yang cari sensasi. (hehe, ada2 ajah)
  4. bisa jadi ia cuma korban yang kebetulan di tas-nya udah ada BOM yang siap meledak. dan ia tidak tahu hal tersebut sebab ada orang yang diam-diam nitip bom itu. (mungkin gak sih? heheh)

dari spekulasi-spekulasi di atas, saya cuma bisa berharap dan berdoa (lagi-lagi). jujur, saya sedih dengan kejadian ini. jihad itu bukan begini caranya. wallahu a’lam sih, gak tau juga. namun saya pikir cara begini gak bisa diterima oleh umat Islam itu sendiri. karena lagi-lagi akan menodai nama besar Islam di mata dunia. Islam itu rahmatan lil ‘alamin. datang ke dunia ini dengan membawa kedamaian. entahlah. apakah Allah meridhoi jihad seperti ini saya enggak tau. sekali lagi, saya gak tau juga apakah Rasulullah SAW senang dengan jihad cara itu. Rasul saja santun dalam berperang kok. di zaman modern ini memang ada juga perang fisik, namun perang pemikiran (ghozwul fikr) lebih besar porsinya. jadi berjuanglah untuk melawan kaum kafir dengan pemikiran kita. jangan asal nyelonong cuma karena ingin dilihat sebagai jagoan.

Mau Kerja Apa Abis Kuliah?

– kira-kira beberapa hari yang lalu bos di kantor bertanya… –

Bos (B): Dila… kegiatan kamu ngapain sekarang-sekarang ini? masih nganggur2 ajah?

Dila (D): hmm… kadang disuruh nganterin adek… kadang…

B: aduhh, bukan itu. berarti kamu masih nganggur2 ajah kan?

D: iya bun. aku kan belum punya ijazah. wisuda ajah baru minggu besok nih. 

B: yaudah kamu kesini yah hari senin-selasa. trus…

Dila mengangguk sambil senyum-senyum mendengarkan perintah sang bunda eh sang bos. maklum sebagai anak bawang (anak magang paling kecil) nurut2 ajah deh.

– ketika saya lagi input data, tiba2 Bos yang kebetulan lagi ada di deket meja kerja saya ngasih info. –

B: nih Dil, ada kesempatan jadi management trainee  di …. (sambil membaca selembar kertas).

Dila masih fokus ngeliat komputer.

B: eh, ngomong2 lo mau kerja apa sih, Dil?

D: m122 *bingung* heheh,,, gak tau bunda. belum mikirin. hhohooooo… *sambil nyengir*

B: aduuuh! gue bingung deh sama anak sekarang. ditanya mau kerja apa gak tau. gimana sih? (sambil tertawa)

Dila ikut tertawa. yaa beneran emang bingung. gak tau mau kerja apa abis kuliah. abisan, dirumah juga masih dibutuhin sih. udah nyaman juga di kantor yg sekarang (meski dari dulu (sejak 4 taun lalu) statusnya volunteer alias relawan atau magang-lah). jadi belum mikirin. pinginnya siiiih jadi bos di kantor tempat magang daku sekarang. hohoooo… tapi gimanah?? kantor saya itu kan ada kaitannya sama salah satu negara adidaya yah. trus saya blum pernah kesana pula. dan belum ngerti pula. jadi adakah kesempatan dila jadi bos disana??? pasti ada! yakin dehh… setidaknya berkesempatan visit ke negara tsb. aminnn!

PS. ayoo dila. pikirkan mau kerja apa abis kuliah?? hehe, appa ya?? m122