Seberapa Sering Anda Membaca?

P1110001

Saya baru tahu ternyata ada peringatan HARI BUKU setiap tanggal 18 Mei. Hmm, bagus, saya menyambut dengan gembira adanya HARI BUKU ini. Walaupun sebenarnya juga saya selalu tidak terlalu menganggap penting adanya hari-hari peringatan yang ada pada setiap tanggal tertentu. Namun, ada efek baiknya juga jika tradisi ini dijalankan setiap tahunnya. Seperti HARI BUKU ini, meskipun seharusnya setiap hari ialah hari wajib baca, tapi dengan adanya satu hari khusus untuk HARI BUKU ini setidaknya mengingatkan bagi orang yang “sudah lupa” dengan buku dan tradisi baca agar menyemarakkan kebiasaan baik tersebut.

Membaca merupakan hobby sekaligus kesenangan yang baik bagi kesehatan pikiran manusia. Dengan membaca wawasan yang dimiliki seseorang akan semakin ter-upgrade dan ingatannya akan semakin terasah. Namun sayang, hobby ini tidak dimiliki semua orang. Dan ternyata tidak jaminan juga bagi seseorang yang banyak membeli buku dan mengoleksinya di perpustakaan pribadinya untuk menjadikan ia seorang kutu buku yang mampu melahap banyak buku di tiap bulannya. Ya, membaca kebiasaan yang mudah namun perlu semangat tinggi untuk melakukannya.

Kata pak Hikmat Kurnia, jajaran atas GAGAS MEDIA, sekaligus panitia HARI BUKU, jumlah buku yang diterbitkan di Indonesia hanya sekitar 12.000-an buku tiap tahunnya. Jumlah ini sama dengan jumlah buku yang diterbitkan per tahun di Malaysia. Namun jika jumlah 12.000 ini dibagi dengan jumlah penduduk masing-masing Negara yakni Indonesia dan Malaysia, untuk Indonesia sekitar 200 juta lebih (itu yang terdaftar di data pemerintah lho). Sedangkan populasi penduduk Malaysia sekitar 20% dari populasi penduduk Indonesia. Maka bisa dipastikan, hasil dari pembagian itu (untuk Indonesia) sangat kecil jika dibandingkan Malaysia. Itu berarti budaya baca kita masih rendah.

Hmm, maka bacalah. Dan sebarkan budaya baca. Dan tularkan kebiasaan baca. Targetkan berapa buku yang akan anda baca setiap bulannya. Sisihkan uang bulanan anda (gaji) untuk membeli buku baru dan sumbangkan buku bagi mereka yang memiliki minat baca tinggi namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli buku.

Baca-baca-baca. Karena kita semua adalah duta baca. MARI MEMBACA…

Iklan

7 thoughts on “Seberapa Sering Anda Membaca?

  1. salam
    Paling baca e-book karena semua informasi memang nyaris ada di dunia maya, tapi ya itu matanya suka cepet lelah. yang jelas setuju banget, pupuklah budaya baca karena buku adalah jendela ilmu 🙂

  2. Saya baru tahu ternyata ada peringatan HARI BUKU setiap tanggal 18 Mei…

    Saya juga baru tahu… 🙂

    Tanpa sadar dengan ng’blog kita juga sudah terbiasa dengan membaca, beda ceritanya kalo cuma nyari gambar. Masalah buku, belum terbiasa beli buku, paling rajin dulu baca buku waktu SMA, buku biologi, kimia, mat, etc… Itu juga kalau pas mau ujian.. 🙂 Tfs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s