Kampusku… mau kemana?

Sekitar tanggal 21 Agustus 2008 kemarin, ada launching logo UIN terbaru di kampus peradaban kami. Dengan agak kesal dan heran saya hanya bisa terpaku. I wonder “Why?!” kenapa? Kenapa? Kenapa bisa berubah?

Logo UIN yang terbaru memiliki warna dasar biru putih. Dengan bola dunia warna biru polos dan bintang segi lima (kata uci, segi enam deh..h3x) warna kuning agak emas yang menindihnya. Kemudian bola dunia dan bintang segi lima itu (mungkinkah bintang daud) ditindih lagi dengan lambang buku yang diatasnya terdapat tulisan UIN. Phhuhhh….

Kenapa harus tiba-tiba begini logo terbaru keluar? Apakah tidak bisa disosialisasikan dulu kepada mahasiswa. Kalau perlu diadakan sayembara bagi mahasiswa yg ingin ikutan design logo kampusnya sendiri. Mungkinkah mahasiswa dianggap tidak penting di kampus ini?

Pada dasarnya saya tidak suka logo UIN paling baru itu karena,,, UIN akan kehilangan nilai historisnya. Maksudnya, sudah sekian lama UIN memiliki logo sebegitu bermaknanya dengan Al-Qur’an berada di tengah dan tiba-tiba dihilangkan begitu saja. Itu sama saja menghilangkan nilai sejarah UIN yang sudah berdiri sejak lama.

Hmm… Wallahu a’lam. Saya memang orang awam. Saya memang tidak mengerti apapun. Namun saya sungguh menyesal dengan kebijakan ini. Entah dengan mahasiswa yang lain.

2 thoughts on “Kampusku… mau kemana?

  1. jwbn dari Ashbah Pratama;

    assalaamu’laikum

    mudah2an Allah menguatkan kaki kaki kita tuk mengatakan yang haq adalah haq dan yang batil adalah batil.
    ikhwah, setidaknya 2 minggu ini dikampus kita ada 2 agenda besar; launching logo uin baru dan propesa. ingin ana menulis dalam sebuah artikel tapi belum sempat kali ya? jadi enaknya sharing lewat media email ini aja. Ana sependapat dengan antum soal perubahan logo uin yang baru, jujur ana kaget dan heran kenapa logo uin berubah. Perubahannya juga mendasar sekali. ada beberapa point perubahan yang terlihat dari logo uin yang baru.Pertama, ada lingkaran yang mengelilingi bola dunia yang saat ana melihat pertama kali yang tampak bukan sebuah lingkaran yang utuh tetapi seperti bintang david (gambar benderanya israel).mungkin maksud dari lingkaran itu adalah UIN ingin menjadi universitas kelas dunia tetapi koq saya menyayangkan perubahan orientasi kampus mustinya tidak merubah filosofi logo uin yang lama. filosofi yang ana tangkap dari logo uin yang baru adalah sbb; lingkaran yang tampak seperti bintang david artinya uin kedepannya orientasi keilmuan dan pendidikannya adalah barat yang saat ini semua sudah disetir oleh kepentingan zionis, kedua gambar bola dunia yang menghadap buku. ana tanya ke satpam uin sih katanya buku itu alqur’an tapi aneh ya! kenapa polos. siapapun bisa menafsirkan lambang buku itu. mungkin satpam itu menafsirkan buku itu alqur’an, lalu bagaimana maksud si pembuat logo tersebu? bisa aja kan tafsirnya itu buku yang jadi pegangan ilmuan barat dan zionis. Ana yakin siapapun akan punya tafsir yang berbeda terhadap logo uin yang baru itu. terlepas banyaknya tafsir orang ana yakin si pembuat logo pasti ada misi dibalik logo yang dibuatnya. Biarlah banyak orang yang berdebat dan berselisih pendapat tentang logo uin yang baru toh misi tetap harus dilakukan.Na’udzubillah.kampus kita tercinta ingin dijadikan tempat lahirnya sarjana sarjana pembela kepentingan zionis dkk.mungkin belum sekarang tapi adik adik kita nanti.Gimana dengan mereka?
    Propesa juga tidak kalah heboh dan anehnya. Ana sangat sedih dan menyayangkan kampus yang notabene islam ini tetapi mahasiswanya tidak sama sekali memberikan teladan perilaku seorang muslim. Apa pantas sholat wajib molor sampai 2 jam? seorang sahabat yang butapun oleh rosulullah disuruh tetap ke masjid. kita yang sempurna fisik sombong dengan yang Allah berikan.Na’udzubillah. Kapan kampus kita bisa berubah.ana takut kita tidak mempedulikannya.minimal yang saat ini ana bisa lakukan adalah dengan menulis sharing ana ini.

    wallahulmusta’an.
    wassalaamu’alikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s