TIPS ‘N TRIK BISA AKRAB DENGAN DOSEN LAYAKNYA TEMAN

Oleh Diana Supriyatin*
Ketika kali pertama Q-ta menginjakkan kaki Q-ta di suatu lingkungan baru tentu perasaan yang pertama yang Q-ta rasakan adalah asing ‘n tak nyaman, kemudian mengamati sekeliling Q-ta, lalu beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan lingkungan tersebut. · Iya… Iyalah masa Ya… Iya Dong.

Begitupun saat Q-ta kali pertama masuk kuliah, coz di sini Q-ta akan bertemu dengan wajah-wajah baru walaupun tak menutup kemungkinan di sisni Q-ta juga akan bertemu dengan wajah lama. Tetapi tetap saja suasana saat Q-ta di kampus akan berbeda dengan saat Q-ta di sekolah dulu. · Di sini Q-ta akan menemui beberapa perbedaan dengan di SMA/MA seperti jam belajar, teman, pengajar, posisi duduk, pakaian, dll.
Namun dari sekian banyak perbedaan tersebut, menurut Qu yang paling terlihat adalah jam belajar & pengajar. Klw dah berbicara jam belajar sudah pasti berhubungan banget dengan metode belajar Q-ta (jam belajar berubah so metode belajar Q-ta juga harus berubah).Sssstttt…. sorry kali nich A-qu tiadak akan bicara banyak tentang hal tersebut. Karenanya sudah saatnya sekarang A-qu fokus ke judul di atas.
Well, well Btw kamoe-kamoe tau kan? Sebutan untuk pengajar Q-ta di kuliah? U “Dosen”. J Yes, That’s Right. Dari segi nama sebutan aja dah berbeda apalagi dilihat dari segi yang lain. Misalnya aja cara menyampaikan materi, dosen hanya menerangkan yang pokok-pokok aja selebihnya Q-ta nyari sendiri, sedangkan guru menjelaskan hampir seluruh materi. Selain itu, waktu tatap muka dengan dosen akan lebih jarang coz dalam satu minggu Q-ta hanya akan bertemu sekali di kelas yaitu saat dosen mengajar, walaupun ada juga dosen yang dapat Q-ta temui di luar jam kuliah tapi… itu hanya dengan dosen tetap saja dan itu pun kadang sulit jika tak buat janji terlebih dahulu.
Tapi… kamoe jangan berkecil hati dulu membaca deskripsi singkat ini, coz apa yang kamoe bayangkan belum tentu sesuai dengan apa yang menjadi kenyataan. Jadi intinya sebelum maju jangan mundur dulu.
Adapun Tips ‘n Trik yang bisa A-qu kasih buat kamoe2 yang masih ingin dekat & akrab dengan dosen layaknya teman, sebagai berikut.
– Berilah kesan pertama yang baik terhadap dosen.
– Catatlah no. Telp/Hp dosen.
– Biasakan tegur, sapa, & salam atau kalo AA Gym bilang 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, & santun) bila bertemu dosen di mana aja.
– Berusahalah semaksimal mungkin kamoe mendapat nilai yang bagus pada mata kuliah yang menjadi bidang studi yang diajarkan dosen tersebut.
– Tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang tidak disukai atau bahkan dapat memicu kemarahan dosen
– Bersikaplah antusias terhadap mata kuliah yang diajarkan dosen tersebut dengan sering bertanya dan menambahkan pendapat yang berkaitan dengan materi yang diajarkan atau minimal memperhatikan saat dosen sedang menerangkan dan mengumpulkan tugas tepat waktu dan benar.
– Berbincang-bincaglah atau berdiskusi ringan di luar jam kuliah seperti di ruang dosen tapi pastinya hal yang dibincangkan atau yang didiskusikan masih berkaitan dengan bidang studi dosen.
– Terakhir, tapi yang paling penting yaitu hilangkan rasa sungkan dan takut atau negatif thinking terhadap sikap dosen yang terlihat oleh Q-ta.

Alhamdulillah, hanya itu saja yang bisa A-qu bagi dengan teman2 dari sekian banyak pengalaman-Qu. Akhir kata, Qu-ucapkan semoga ini bisa bermanfaat, yang benar datangnya dari Allah SWT da yang salah datangnya dari diri-Qu pribadi. Hi….t…hi…t Tunggu dulu bagi yang berhasil ucapkanlah rasa syukur kepada Allah SWT. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Sampai ketemu di edisi berikutnya & A-qu ucapkan selamat dan sukses buat kalian semua … n_n.

* Penulis ialah teman saya yang tercatat sebagai Mahasiswa UIN Syahid Jkt FITK/Pend.Kimia/04. beliau juga pernah menjabat sebagai staff Kesekretariatan LDK Syahid 07-08.
Iklan

One thought on “TIPS ‘N TRIK BISA AKRAB DENGAN DOSEN LAYAKNYA TEMAN

  1. Asslamualaikum wr wb
    Ukhti gmn kabarnya,baik-baik aja kan?cuma mau nyapa doank kebetulan ane browsing situs FOSSEI truz ketemu blog ukhti deh,By the way ukhti mahasiswa UIN Jakarta juga kan sama kayak akh Ashbah presnas FOSSEI?oh ya jangan lupa baca blog ane di lazialleguy.blogspot.com truz isi commentnya juga,boleh kritik, saran, opini,dll,pokoknya ada tentang ekonomi islam deh, kan kita shari’a fighter,he..he…he…!Ok trim
    Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s