Cara Jitu Jadi Mahasiswa Aktif–Cerdas–Berprestasi

Oleh Ashbah Pratama*
Dalam Alqur’an surat al-mujadalah Allah berfirman yang artinya” Allah mengangkat derajat orang orang yang beriman diantara kamu dan yang menuntut ilmu beberapa derajat”. Masih banyak hadits dan ayat alqur’an yang memuji orang orang yang berilmu dan mengutamakan pahala bagi yang berilmu. Hari ini, kita ditontonkan dengan kondisi bangsa kita yang sedang sakit, etika tidak lagi dijunjung, pembangunan karakter sumber daya manusia kalah dengan pembangunan mal mal besar di negeri ini, masa depan bangsa ini mau dibawa kemana kita tidak tahu, para pemudanya sibuk dengan memikirkan masa depannya masing masing, dan tidak sedikit pemuda bangsa ini yang terjerembab jalan kegelapan, mereka belum mempunyai tujuan hidup. Pemuda Indonesia dihadapi tantangan masa depan yang sarat kompetisi dimana sumber daya insani yang unggul yang akan menang dalam kompetisi. Bagaimana membayangkan saat itu terjadi, anak anak terbaik bangsa ini harus kalah dengan pemain asing di negeri sendiri, berapa juta anak bangsa ini yang akan menjadi korban globalisasi. Inilah mengapa kita sebagai mahasiswa harus memiliki ketahanan mental dan karakter yang kuat agar sukses menghadapi kompetisi masa depan.
Berbicara tentang pentingnya pengembangan karakter, bagi seorang mahasiswa masa kuliah adalah masa yang sangat penting dalam penemuan jati diri dan pembentukan karakter. Walau demikian, masa kuliah terbatasi oleh waktu. Karena keterbatasan itulah banyak mahasiswa berusaha memaksimalkan masa kuliah tidak hanya dengan aktivitas pelajaran dan mengerjakan tugas tetapi juga dengan aktif berorganisasi. Faktanya, tidak sedikit mahasiswa yang aktif berorganisasi kemudian prestasi kuliahnya menurun. Kalau kemudian realita ini tidak dicarikan solusinya maka tidak menutup kemungkinan adik adik kelas kita akan enggan berorganisasi karena yang mereka lihat kakak kelasnya memiliki prestasi yang memprihatinkan. Yang harus dipahami bahwa pilihan menjadi sukses di bangku perkuliahan dan aktif di organisasi bukan suatu yang saling berlawanan dan saling mengorbankan satu sama lainnya, justru keduanya saling mengisi. Kedua aktivitas ini tidak bisa dipisahkan karena keduanya memiliki potensi besar dalam perkembangan intelektual dan emosional kita. Walaupun banyak yang memahami ini, tidak sedikit mahasiswa yang masih enggan menyibukan diri dalam aktivitas organisasi karena anggapan mereka antara berprestasi dan aktif organisasi harus mengorbankan salah satu diantara keduanya.
Dibawah ini ada beberapa tips bagaimana menjadi mahasiswa berprestasi plus aktifis. Pertama, membuat standar sukses. Masing masing diri kita memiliki kapasitas yang berbeda beda dalam kemampuan berpikir dan bergerak maka dari itu kita harus membuat standard sukses yang berbeda dengan yang lain. Dengan demikian kita telah menjadi diri kita yang sebenarnya dan telah sukses mengenal siapa diri kita dan mau jadi apa kita. Kedua, ini bagian dari aktivitas ibadah kita kepada Allah. Kesungguhan di perkuliahan maupun kesungguhan kita dalam berorganisasi kedua duanya adalah aktivitas menuntut ilmu dalam rangka ibadah kepada Allah. Setiap yang menjadikan aktivitas kuliah dan organisasinya sebagai ibadah pastilah akan memberikan yang terbaik dalam menjalani keduanya. Ketiga, Berani. Kesuksesan hanya milik orang orang yang berani, Berani menghadapi tantangan demi cita cita besar yang ingin dicapai. Berani bukan tanpa ilmu dan pemahaman. Justru berani disini adalah kita mulai dengan mengenal siapa diri kita, kemampuan dan kapasitas kita dihadapkan dengan tantangan yang ada di depan kita. Hanya dengan keberanianlah tantangan tantangan di depan kita akan terasa lebih ringan. Keempat, Harus ada prioritas dan komitmen. Karena kita memiliki sumber daya yang terbatas maka kita harus memiliki prioritas. Prioritas mana yang harus diutamakan? Tentu prioritas yang sumber daya kita mampu menjalankannya lebih optimal. Langkah selanjutnya adalah menjalani keduanya dengan komitmen pada prioritas. Kelima, mengatur waktu dan peran kita dengan bijak. Carilah orang dalam satu tim organisasi kita yang bisa mem-back up tugas tugas organisasi kita apabila kita berhalangan, begitu juga saat kuliah mencari partner yang mengerti peran kita, kesibukan kita dan mau membantu kita sangat penting karena saat peran kita harus optimal dalam orgtanisasi maka partner kita dikelaslah yang pertama paling mengerti dan siap memberi bantuan kepada kita. Keenam, Yakin dan optimis. Sering kita akan menghadapi dalam perjalanan kedua amanah tersebut tidak sesuai harapan kita; organisasi mengalahkan prestasi kuliah kita dan juga sebaliknya bahkan ada yang tidak bisa mendapatkan kedua duanya. Tidak jarang pilihan untuk melepaskan salah satu amanah tersebut selalu membayang banyangi kita, tetapi tetap yakin dan optimislah karena sukses hanya akan didapatkan oleh orang yang yakin dan optimis. Bersamaan dengan rasa yakin dan optimis yang menancap kuat dalam diri kita teruslah melakukan perbaikan dan evaluasi agar kegagalan hari ini tidak terulang lagi di kemudian hari.Mudah mudahan tulisan ini bisa memberikan kontribusi kepada kita semua yang saat ini masih menjalankan amanah sebagai seorang mahasiswa dan aktivis juga bagi mereka yang ingin menyibukan diri dengan aktivitas organisasi.
*Ashbah Pratama ialah teman saya. Beliau tercatat sebagai Mahasiswa UIN Syahid Jkt FEIS/Akuntansi/05 yang juga mahasiswa aktif berprestasi. Ia juga tercatat sebagai salah satu peserta leadership camp ke malaysia 2007 dan kini menjabat sebagai Presiden Nasional III FOSSEI 08-09.
About these ads

18 gagasan untuk “Cara Jitu Jadi Mahasiswa Aktif–Cerdas–Berprestasi

  1. Asslamualaikum wr wb
    Akh gmn kabarnya, baik-baik aja kan?cuma mau nyapa doank kebetulan ane browsing situs FOSSEI truz ketemu blog antum deh,oh ya jangan lupa baca blog ane di lazialleguy.blogspot.com truz isi commentnya juga,boleh kritik, saran, opini,dll,pokoknya ada tentang ekonomi islam deh, kan kita shari’a fighter,he..he…he…!Ok trim
    Wassalamualaikum wr wb

  2. Assalamu Alaikum….
    Wah makasih banyak nich buat tipsnya,memang banyak jalan untuk meraih sukses tinggal manusia memilih jalan apa yang akan mereka pilih
    makasih…
    ceritacalondokter.wordpress.com
    wassalam

  3. Ping-balik: Sebuah Negara dalam Kampus « thePOWER ofWORDS

  4. ya, banyak orang yang menyangka bahwa ikut ormawa itu hanya akan membuat prestasi jeblok!! padahal tidak. banyak kok orang2 pembesarr yang jadi orag teratas di pemerintahan yang masa2 mahasiswanya mereka aktif di ormawa. ini salah para pendahulu aktivis kampus juga.
    (afw kalo boleh menyalahkan)
    banyak aktivis yang absen meninggalkan bangku kuliah dengan alasan AMANAH. katanya mereka komitmen dengan ormawa mereka. lantas dimanakah komitmen mereka terhadap akademiknya????
    bahkan ada yang mengatas namakan dakwah!!
    betulkah???
    atau kitanya sajja yang tidak bisa menempatkan diri, tidak mengerti akan fiqh prioritas. intinya fleksibelkan saja. jangan, dikit2 ninggalin kuliah hanya untuk rapat. dikit hengkang dari kelas dengan alasan menghadiri pertemuan ini itu.
    bagaimana caranya jangan selalu rapat. dikit2 rapat. pena hilang rapat. mau makan apa rapat. (itu hanya perumpamaan aja, karena seringnya rapat tidak produktif, hanya membahas hal-hal yang tidak perlu dibahas)
    sahabat-fllah..
    bukan kuantitas kita yang harus kita depankan dalam ormawa tapi kualitas diri kita. tingkatkan prestasi kita. buatlah orang2 mengubah prem bpikirnya. terakhir buat ayh bundamu bahagia dan bangga akan prestasimu.
    terakhir, antara kuliah dan ormawa ssama2 pentting tapi pilihlah yang mana yang mendesak
    ok….

  5. bgaimana kt udch terlnjur tdk mngikuti organisasi tersebut??
    kan disklh sya yang dplih untuk organisasi siswa hanya org2 pintar…kan blom tentu org pintar trsbut aktf…so mereka jg’ jrang memberikan pengumuman misalnya seleksi basket…yg ikut seleksi hanya mereka doank pdahal,msih bnyak yg lbh hebat dri pda mreka.jadi bagaimana org2 yg ingin menyalurkan bakatnya…?klu mreka tersbt sperti itue?

  6. aq mau minta tips ne,,,,,,,,,,,,cara mengatur waktu dengan baik gimana sih………………antara waktu belajar dan organisasi……………….apakh organisasi ini dibutuhkan untuk kedepan kelak?

  7. assalamualaikum
    saya mahasiswa universitas bengkulu..’
    senang bisa baca artikel ini…
    banyak hal yang saya temukan dan membuat saya termotifasi..
    makasih y kak..

  8. Ping-balik: Cara Jitu Jadi Mahasiswa Aktif-Cerdas-Berprestasi « sisuntye

  9. Assalamu alaikum…
    sedikit yg bisa saya jadikan motivasi dlam postingan ini,, yang menjadi permasalahn sya dlam perkuliahan adalah kurangnya keberanian untuk memberi pertanyaan atau pendapat kpada dosen yang memberi materi, ketika saya ingin bertanya ataupun menjawab yang terlintas dipkiran saya adalah apakah pertanyaan dan jwaban saya berbobot atau benar dan bkan yang asal2? krna niat sya bertnya ataupun menjwab hanya untuk aktif saja dan mndptkan nilai dari dosen, mohon berikan masukan kpda sya untuk mngatsi mslah yg sya hadapi ini, trima kasih

  10. Assalamualaykum…..
    Ana senang bsa bkunjung di postingan ini,,,, dapat motivasi bwt ke depanx,,,,,, pi kalu boleh nanya,,, sberapa pentngx beroganisasi dlm menunjang aktivitas perkualiahan, trimakasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s